Berita Kota

Pupuk Kaltim Gelar Pelatihan Edukasi dan Diversifikasi Mangrove Bagi Warga Loktuan

Pelatihan Edukasi dan Diversifikasi Mangrove yang digelar oleh pupuk kaltim untuk mitra binaannya (foto: mansyur/pktv)

Bontang. Bekerjasama dengan Lembaga Ekowisata Mangrove Information Center dan Balai Taman Nasional Kutai (TNK), PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) menggelar Pelatihan Edukasi dan Diversifikasi Mangrove bagi warga Loktuan yang tergabung dalam Kelompok Tani Bakti Alam.

Selain dihadiri oleh anggota Kelompok Tani Bakti Alam, pelatihan yang digelar di Ekowisata Mangrove Information Centre Tanjung Laut Indah pada Rabu (31/7/2019) tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Kelurahan Tanjung Laut Indah  dan juga mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Loktuan dan di balai TNK.

Staf Departemen CSR Pupuk Kaltim Kantri Winarti mengatakan, dengan pelatihan tersebut diharapkan peserta dapat memperdalam ilmu terkait mangrove.  Sehingga masyarakat dapat hidup berdampingan dengan mangrove, yakni dengan  membudidayakan dan memanfaatkan mangrove agar memiliki nilai ekonomi.

“Selain itu, pelatihan ini juga sebagai pembekalan bagi mitra binaan agar dapat menjalankan program penghijauan kota Bontang bersama Pupuk Kaltim,” jelasnya.

Sementara itu, Muhamad Ali selaku Pengelola Ekowisata Mangrove  mengatakan, selain mendapatkan  materi tentang edukasi mangrove yang disampaikan oleh perwakilan balai TNK,  dalam satu hari pelatihan tersebut para peserta juga diajarkan  tentang pembuatan sirup mangrove.

“Selain pembuatan sirup, para peserta juga diajarkan pengenalan jenis-jenis mangrove, pewarnaan batik dengan mangrove, dan cara pembibitan mangrove,” pungkasnya.

Laporan: Mansyur

Click to comment
To Top