Corporate

PT KMI Juarai Lomba Fire and Rescue Pupuk Kaltim

Fire and Rescue Competition Pupuk Kaltim di gor pkt (foto:andre)
Fire and Rescue Competition Pupuk Kaltim di gor pkt (foto:andre)

Bontang. Sebanyak 11 tim dari berbagai perusahaan mengikuti Fire and Rescue Competition antar rekanan dan Joint Venture Company (JVC) yang digelar oleh Pupuk Kaltim dalam rangka memperingati bulan K3 nasional minggu, (03/2/2019) di halaman parkir Gor PKT.

Sebelas tim tersebut terdiri dari PT Kaltim Nusa Etika (KNE), PT Borneo Mitra Sinergi, PT Yepeka Usaha Mandiri (YUM), PT Borneo Fortune Construction, PT Kaltim Nitrat Indonesia (KNI), PT Borneo Etam Samudra, CV Naga Tirta, PT Kaltim Parna Industri (KPI), PT Kaltim Methanol Industri (KMI), PT Kaltim Daya Mandiri (KDM) dan PT Kaltim Industrial Estate.

PT Kaltim Methanol Industri (KMI) keluar sebagai juara pada lomba ini setelah berhasil meraih nilai 950  poin, disusul oleh  CV Naga Tirta sebagai juara kedua,  PT KNI diposisi ketiga dan PT KDM sebagai juara harapan dengan skor 845.

Dikatakan ketua panitia bulan K3 nasional Pupuk Kaltim Gatot Pramu Handok,  lomba ini digelar untuk mensosialisasikan K3 kepada para pekerja di lingkungan dan kawasan Pupuk Kaltim terutama di bidang pencegahan dan pemadaman kebakaran, evakusi korban dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)

“Lomba ini juga sebagai tolak ukur kesigapan dan keterampilan para pekerja dalam menangani bahaya kebakaran, evakuasi korban hingga P3K,” jelas Gatot.

Sementara, General Manager SDM Pupuk Kaltim Jojok Wido Harjoso, menyampaikan kegiatan ini sangat penting bagi perusahaan karena dapat mendukung pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

“Kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk membentuk karyawan yang memiliki kepekaan tinggi dalam melihat potensi kebakaran di lingkungan sekitarnya,” urai Jojo

Pada lomba ini, berbagai rintangan harus dilalui oleh para peserta mulai dari tirai api, mengangkat pompa dengan rintangan yang disusun secara zigzag, mendorong Apar beroda dengan jalur zigzag, menarik ban, evakuasi korban, memadamkan api di drum dengan selimut hingga memadamkan kebakaran gas pada stack. (*)

 

Laporan: Tim Liputan PKTV

Click to comment
To Top