Berita Kota

Pre-Treatment Ditunda, PDAM Modifikasi Unit Pengolahan Di WTP Kanaan

Bontang. Tertundanya pembuatan fasilitas pengolahan pendahuluan (pre treatment) di WTP Kanaan, akibat terkendala lahan dan pembiayaan. Disiasati Pdam Tirta Taman Kota Bontang dengan upaya alternatif modifikasi unit pengolahan.

Modifikasi ini dilakukan pada 15 unit filter konvensional atau tabung berisi media pasir silika dan karbon aktif. Sehingga penambahan kuantitas dari debit air dapat dilakukan penambahan.

Dijelaskan Direktur Pdam Tirta Taman, Adief Mulyadi. Tahun 2014 pelayanan dari sisi kualitas dan distribusi air sedianya masih kurang di WTP Kanaan.

Namun saat ini, melalui modifikasi 15 unit filter konvensional, kapasitas air sedikit terpenuhi, dan pendistribusian ke pelanggan tidak lagi bergilir.

“ kami lakukan modifikasi ini agar kuantitas air dapat dilakukan penambahan. Sehingga pendistribusian kepada masyarakat tidak lagi bergilir seperti sebelumnya,” jelas Adief.

Senada dengan itu, Mulia Nurdin selaku pengawas (foreman) WTP Kanaan mengungkapkan bahwa sistem membran ultrafiltrasi saat ini tidak difungsikan di WTP Kanaan, karena diubah menjadi pemanfaatan modifikasi 15 unit filter konvensional.

Dengan tujuan utama meningkatkan kualitas air yang didistribusikan ke pelanggan.

“membran ultrafiltrasi yang sudah tidak kami pakai, karena sudah kami ubah dengan modifikasi unit filter. Sehingga kapasitas bisa ditambah untuk distribusi masyarakat,” jelasnya.

Namun begitu, kadar besi yang masih sangat tinggi dalam kandungan air tanah di WTP Kanaan, masih menjadi pekerjaan rumah yang akan diselesaikan Pdam guna peningkatan kualitas air bagi pelanggan.

 

 

Laporan : Yulianti Basri & Nasrul

Editor : Revo Adi M