Seremonial Pencairan Pinjaman Modal Kerja bagi Mitra Binaan Pupuk Kaltim Periode November dan Desember 2017 di Gedung Diklat Pupuk Kaltim (Foto: Humas PKT)
Corporate

PKT Kembali Salurkan Bantuan Modal Usaha 1,79 Miliar Bagi Mitra Binaan

Bontang. PT Pupuk Kaltim kembali memberikan bantuan modal usaha bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang tersebar di pulau Kalimantan. Ditandai penyaluran bagi 68 mitra binaan wilayah Bontang dan Kutai Timur. Selasa pagi, 19 Desember 2017.

Kali ini, Pupuk Kaltim menyalurkan pinjaman periode November dan Desember 2017, senilai Rp1,791 Miliar.

Superintendent Bina Lingkungan dan Kemitraan Departemen CSR Pupuk Kaltim Udiyanto, mengatakan pinjaman modal kerja untuk pengembangan bisnis pelaku usaha ini merupakan salah satu CSR unggulan Pupuk Kaltim, yang juga telah berintegrasi dengan kompartemen pemasaran. Sehingga untuk sektor usaha yang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan sawit, sebagian pinjaman modal yang diberikan akan digunakan untuk pembelian pupuk NPK non subsidi.

Terhitung periode Juli hingga Desember 2017, suku bunga pinjaman pun mengalami penurunan hingga 3 persen. Sehingga akan meringankan para mitra binaan.

“Selain itu, hingga November lalu, Pupuk Kaltim juga telah menyalurkan hibah teknik produksi manajerial, pemasaran, bina lingkungan dan bina wilayah sebesar Rp 13,53 miliar,” ujarnya.

Program pinjaman modal usaha bagi puluhan pelaku UMKM ini pun mendapat apresiasi Pemerintah Kota Bontang, melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan. Dan berharap agar pinjaman modal dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para penerima bantuan.

“Serta digunakan sesuai dengan pengembangan usaha yang telah direncanakan sebelumnya,” kata Yusran, Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi Umkm dan & Perdagangan Kota Bontang.

Sementara para penerima bantuan pinjaman modal pun menyampaikan terima kasih atas kepedulian Pupuk Kaltim, dalam memajukan usaha kecil masyarakat yang menjadi mitra binaan.

“Peran Pupuk Kaltim sangat besar dalam kemajuan dan pengembangan usaha kami selama ini. Selain memberikan bantuan modal usaha, juga turut mempromosikan usaha mitra binaan melalui berbagai upaya,” ungkap Choirul, salah satu penerima bantuan.

Program Corporate Social Responsibility melalui pinjaman modal ini merupakan bukti nyata komitmen Pupuk Kaltim terhadap pengembangan kapasitas mitra binaan, guna meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan masyarakat yang mandiri. Terlebih pinjaman modal juga memberikan dampak signifikan bagi perkembangan perekonomian masyarakat, khususnya Kota Bontang dan Kalimantan Timur.(*)

 

Laporan: Sary | Aris