Corporate

PKT Gelar Pelatihan Strategi Kewirausahaan Bagi Mitra Binaan

Bontang. Dalam upaya membantu Mitra Binaan untuk memiliki kompetensi kewirausahaan dan bisnis dalam menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), PT Pupuk Kaltim melalui Departemen Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) menggelar pelatihan strategi kewirausahaan, bagi 40 peserta. Bertempat di ruang Diklat PKBL, selama dua hari. Dibuka mulai hari ini, Kamis 8 Desember 2016.

“Empat puluh peserta terdiri dari 30 mitra binaan dan 10 atlet wilayah Bontang, Sangatta dan Samarinda. Tujuannya, melatih wirausahawan agar mampu bertindak mendirikan usaha yang layak dengan memanfaatkan peluang yang ada. Serta mengembangkan SDM mitra binaan yang mandiri, dan mampu menciptakan kesempatan kerja bagi dirinya sendiri maupun orang lain,” ujar ketua pelaksana pelatihan Irma Safni.

Senada, General Manager Umum PT Pupuk Kaltim Nur Sahid, mengatakan jika PT Pupuk Kaltim terus berupaya memberikan perhatian kepada masyarakat, melalui berbagai kegiatan CSR. Salah satunya, adanya kegiatan pemberdayan masyarakat dengan memberikan pelatihan seperti pelatihan strategi kewirausahaan ini.

“Pupuk Kaltim terus fokus dan konsen terhadap peningkatan kualitas SDM mitra binaan, untuk dapat mandiri dan mampu menciptakan kesempatan kerja bagi dirinya sendiri dan orang lain. Apalagi indonesia sedang dihadapkan pada tantangan Masyarakat Ekonomi Asean,”paparnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindakop dan UMKM) Kota Bontang yang turut hadir dalam kesempatan itu, mengapresiasi komiten yang ditunjukkan PT Pupuk Kaltim kepada masyarakat Bontang dan Kalimantan Timur. Salah satunya melalui pelatihan yang digelar kali ini.

Terlebih, pelatihan ini dirasa penting bagi UMKM yang terkadang masih menemui kendala dalam peningkatan produksi dan daya saing perluasan usaha.

“Maka dari itu kami berharap adanya pelatihan ini dapat memberikan bekal yang baik bagi mitra binaan dalam pengembangan usahanya,” papar Yusran, Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Disperindagkop Bontang.

Pelatihan strategi kewirausahaan ini mendatangkan Sisti Reita dan Yafet Daniel Kristian dari Cicik Resti Consulting Jakarta sebagai instruktur.

Adapun materi yang diberikan diantaranya, membangun karakter dan mental wirausaha, langkah-langkah memulai wirausaha, serta strategi memasarkan dan menjual, hingga pengembangan usaha.(*)

 

Laporan : Yuli & Aris