Berita Kota Topik

Pesta Laut Bontang Kuala 2015 Siap Digelar

Bontang.  Setelah sempat tertunda akibat bencana kebakaran beberapa waktu lalu, kini persiapan pesta adat tahunan Bontang Kuala yang akan berlangsung mulai tanggal 23 hingga 28 November 2015, terus dimatangkan panitia.

Disampaikan Lurah Bontang Kuala, Eko Mashudi, persiapan pun telah dilaksanakan dan mencapai progres 98 persen. Kini tinggal persiapan teknis acara dan fasilitas tambahan, seperti pemasangan tenda dan kursi.

“Tinggal itu aja, kalau yang lainnya sudah fix dan matang. Bahkan undangan sudah kami sebar,” ujarnya.

Untuk acara pembukaan pesta laut, akan menggunakan lahan parkir baru di Terminal Bontang Kuala. Selain strategis dan luas, pemanfaatan lahan parkir ini juga sebagai upaya pengenalan sarana wisata yang kini lebih memadai. Ditunjang beragam fasilitas didalamnya.

“Jadi maksudnya sekalian promosi, kalau Bontang Kuala sudah ada terminal baru dengan fasilitas yang memadai,” tambahnya.

Seperti tahun sebelumnya, Pesta Laut Bontang Kuala akan berisi kegiatan adat seperti Bebalai, Ance, Pagar Mayang, Samper, Menjamu Karang, serta bermacam kegiatan lainnya. Pesta Adat ini merupakan khasanah budaya turun temurun dalam adat Kutai yang dilakukan masyarakat Bontang Kuala.

 

Laporan : Yulianti Basri & Nasrul

Editor : Revo Adi M