Pemerintah Topik

Pertahankan Adiwiyata, DKP Bontang Siap Bina Sekolah

Bontang. Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bontang menyatakan kesiapan untuk melakukan pembinaan bagi setiap sekolah di kota Bontang, dalam mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup. Termasuk sekolah dengan predikat Adiwiyata, harapannya penghargaan tersebut dapat terus dipertahankan sekolah penerima di Kota Bontang.

Hal itu ditegaskan Kepala DKP Bontang, Sofiansyah, dalam koordinasi antara pihaknya bersama seluruh kepala sekolah mulai tingkat SD, SMP, serta SMA dan SMK, Kamis (3/3/2016).

“Bagaimana peran serta kita dalam menjaga dan mempertahankan kualitas lingkungan yang lebih ramah. Makanya perlu agenda seperti ini diprogramkan,” ujar Sofiansyah.

Teknisnya, DKP Bontang akan secara rutin turun ke tiap sekolah yang ada di Kota Bontang dalam melakukan pembinaan. Baik secara teori dan praktik, terutama dalam menekan jumlah sampah dengan menciptakan lingkungan yang lebih hijau. Jika sekolah dapat lebih nyaman, hal ini menurut Sofiansyah bisa berdampak kepada lingkungan tempat tinggal siswa.

“Pasti akan ditularkan oleh siswa, makanya lingkungan sekolah adalah sasaran yang baik untuk program ini. Disamping sekolah bisa terus mempertahakan Adiwiyata bagi yang sudah pernah dapat,” tambahnya.

Harapannya, melalui pengelolaan yang baik dan terstruktur, tahun 2019 mendatang jumlah sampah dapat ditekan minimal 20 persen dari total saat ini. Sekaligus menciptakan kesadaran masyarakat akan arti penting membuang sampah pada tempat yang disediakan,yang dimulai dari lingkungan sekolah.

“Targetnya begitu, semoga volume sampah yang terus meningkat dapat semakin ditekan dengan menciptakan kesadaran masyarakat kita,” pungkasnya.

 

Laporan : Rahma & Mansur

Editor : Maya Ch