Berita Kota

Permudah Input Data, BPN Bontang Akan Terbitkan Sertifikat Elektronik

bagian pelayanan kantor bpn bontang (foto: aris/pktv)

Bontang. Usulan pemerintah pusat mengenai pembuatan sertifikat tanah elektronik nampaknya akan segera terealisasi di Kota Bontang, yang meliputi sertifikat kepemilikan atas tanah maupun surat keterangan pendataan tanah.

Dijelaskan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bontang Hardiyono, semua data yang berhubungan dengan sertifikat tanah, akan di input melalui sistem on line dan akan diproses selama 7 hari untuk diterbitkan sertifikat elektronik. menurutnya, sistem tersebut dirasa sangat  membantu masyarakat agar tidak perlu mondar mandir di Kantor BPN untuk melengkapi data.

“Dengan pelayanan elektronik ini masyarakat tidak perlu berbondong-bondong ke Kantor BPN, termasuk permohonan, peralihan, dan pemecahan sertifikat tanah semuanya akan di buat sistem elektronik,” katanya.

Hardiyono berharap, dari layanan sertifikat elektronik ini tentunya akan meningkatkan dan menjamin kepastian hak dan kualitas data pertanahan ke depannya akan semakin membaik, resiko kehilangan, kebakaran, kebanjiran juga dapat diatasi dengan sistem elektronik ini.

 “Resiko penyimpanan dokumen yang berbentuk surat sangat besar, apalagi jika terjadi masalah seperti kebakaran atau kebanjiran, oleh karena itu BPN tetap akan menyimpan surat aslinya sebagai acuan jika terjadi masalah,” jelasnya.

Adapun jika ada warga yang ingin sertifikatnya di cetak menggunakan kertas untuk bukti keaslian, BPN siap membantu proses pencetakan dengan jenis kertas apapun.

Laporan: Hesti | Aris

 

Click to comment
To Top