Berita Kota

Peringati HSN, Kirab Santri Bontang Diikuti Ribuan Peserta

Kirab Santri 2017

Bontang. Mengangkat tema “Santri Mandiri NKRI Hebat”, kirab santri dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2017, yang digelar atas inisiasi Forum Komunikasi Santri Bontang (FKSB), digelar semarak dan diikuti ribuan peserta dari berbagai lembaga dan organisasi. Minggu, 22 Oktober 2017.

Kirab mengambil titik awal dari lapangan MTQ Jl Parikesit Bontang, dilepas langsung Walikota Neni Moerniaeni. Lalu dilanjutkan menuju Jl Awang Long melewati Kodim 0908 menuju Jl MH Thamrin, melewati plaza taman ramayana di Jl R Suprapto. Melewati RS Amalia, kirab kemudian melintasi Jl Ahmad Yani, Jl Pattimura hingga gedung Nahdatul Ulama (NU), dan finish di stadion Bessai Berinta.

Tak kurang dari 8.000 peserta yang terbagi dalam 102 group mulai dari TK, TPA/TQA, sekolah dari jenjang SD hingga SMA, Madrasah Dinniyah, pondok pesantren, majelis taklim, maupun organisasi kemasyarakatan lainnya turut hadir mengikuti kirab santri ini.

Meski ditengah cuaca yang cukup panas, tidak mematahkan semangat para peserta mengumandangkan ikrar serta yel-yel saat melintasi panggung kehormatan, yang disambut Walikota Neni Moerniaeni.

“Alahmdulillah kegiatan berlangsung lancar dan antusias para peserta sangat tinggi. Semoga kegiatan ini dapat dijadikan agenda rutin Pemerintah Kota Bontang kedepan,” kata Ketua Pelaksana KH Adam Mansyur.

Sementara Wakil Walikota Basri Rase dalam sambutannya, mengatakan kegiatan yang telah berlangsung selama 2 tahun ini dapat menjadi agenda tahunan pemerintah, melihat jumlah peserta yang meningkat jauh dari tahun sebelumnya.

“Hal ini menandakan perkembangan santri di Bontang sungguh luar biasa. maka dari itu kami harapkan pembinaan bagi para santri dapat terus digalakkan,” ujar Basri.

Berbagai kategori peserta pun mendapat penilaian juri. Diantaranya untuk kategori tingkat SD juara pertama berhasil diraih SD Negeri 008 Bontang Utara. Sementara juara kategori SMP/SMA berhasil diraih SMK Negeri 1.

Pada kategori Madin/ponpes juara 1 diraih Al-Fattah, serta kategori organisasi kemasyarakatan/majelis taklim disabet majelis taklim Al-Khairiyyah.(*)

 

Laporan: Faisal 

Click to comment
To Top