salah satu agenda Forum Komunikasi Santri Bontang (dok)
Berita Kota

Peringati Hari Santri Nasional, FKSB Akan Gelar Kirab Santri 2017

Bontang. Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2017, Forum Komunikasi Santri Bontang (FKSB) akan menggelar Kirab Santri pada Ahad, 22 Oktober 2017 mendatang. Mengambil Start di Lapangan Parikesit (eks MTQ ) Bontang, dan finish di lapangan Bessai Berinta (lang-lang) Jl KS Tubun Bontang Utara.

Diungkapkan Ketua Panitia HSN Bontang KH Adam Mansyur, kirab akan melewati rute dari Lapangan Parikesit menuju KODIM 0908 Bontang, lalu mengarah ke Simpang empat Ramayana atau Jl R Soeprapto, menuju Bontang Baru dan berakhir di Stadion Bessai Berinta.

“Acara Insya Allah akan berlangsung meriah, karena hingga saat ini sudah ada sekitar 12 ribu santri di Bontang dari berbagai organisasi, lembaga pendidikan, maupun paguyuban yang menyatakan diri akan bergabung,” ungkapnya, saat dialog di Studio PKTV Bontang.

Namun begitu, dirinya mengaku kegiatan ini sejatinya tidak masuk dalam agenda resmi Pemerintah Kota Bontang, dan digelar atas inisiasi bersama FKSB dalam rangka peringatan HSN tahun 2017.

“Walau tahun ini tidak masuk dalam agenda resmi Pemerintah, kami berharap tahun depan bisa diakomodir Pemkot Bontang sebagai agenda tahunan,” tambah KH Adam Mansyur.

Sedangkan untuk pembiayaan agenda kirab, panitia menurutnya mendapat bantuan dari berbagai pihak. Diantaranya para santri, beberapa instansi seperti halnya Polres Bontang, PT Graha Mandala Sakti (GMS), dan Pemerintah Kota Bontang.

“Kirab santri akan dimulai sekitar pukul 06.30 Wita, dan panitia telah menyiapkan sejumlah doorprize menarik dengan hadiah utama sepeda motor,” terangnya.

Selain itu, para peserta pun akan mendapat penilaian, yang terbagi dalam beberapa kategori. Diantaranya kategori peserta terbanyak, kategori peserta terbaik dan harapan tingkat Pesantren dan Madrasah Diniyah, peserta terbaik dan harapan tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI)/SD/TPQ, peserta terbaik dan harapan tingkat SMP/MTs dan SMA/MA, serta peserta terbaik dan harapan tingkat Majelis dan Ormas, dengan hadiah total Rp15 Juta.

“Maka dari itu, kami mengundang seluruh elemen santri nusantara yang belum terdaftar untuk turut berpartisipasi memeriahkan kegiatan ini,” pungkas KH Adam Mansyur.

Sementara ini, berikut para peserta yang telah terdaftar sebagai partisipan Kirab Santri dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2017 di Bontang:

Musholla Al baitsu

Alumni Mankoso

Babinian Banjar

Ponpes Darul Qurro

Fatayat NU

FO Pemuda Lhoktuan

GP Ansor dan Banser

Kemenag Bontang

Ma DDI

Madin Alma’arif

Madin Alqomar

Madin Yadarfat

MAN Bontang

MI Jam’iyyatul Qurra’

MT Al Dzikru

MT Al Amanah

MT Al Amin

MT Al Fattah

MT Al Halimah

MT Al Ikhlas Sidrap

MT Al-Hilal

MT Alma’arif

MT An Nisa

MT Annur

MT Az Zahra

MT Baitul Iman

MT Hibatulloh

MT Isan mulia

MT Joko Tingkir

MT Toriqotul Jannah

Mts Al Ikhlas

Mts Almukaromah

Mts As Sa’diyah

Muslimat NU

Oklik Bojonegoro

Ponpes Nurul Iman

Pontren Al Barakah

Pontren Darul Furqon

SD Asy syamiil

SD Bintang

SD 1 YPK

SDN 001 Bontang Selatan

SDN 003 Bontang Utara

SDN 006 Bontang Selatan

SDN 008 Bontang Utara

SMA IT Darul Hikmah

SMA Negeri 3

SMA Vidatra

SMK Al Truck

SMK Negeri 3

SMK Putra Bangsa

SMK N 1

SMP Bahrul Ulum

SMP DHBS

SMP Negeri 5

SMP Negeri 1

SMP Negeri 2

SMP Negeri 3

SMP Negeri 4

SMP Negeri 7

SMP Negeri 8

SMP Negeri 9

 SMP Nurul ImanSMP Vidatra

SMP YPTI

TPA At-Taubah

TPA Hibatulloh

TPQ Al Furqon

TPQ Al Ihsan

TPQ Al Multazam

TPQ Alfattah

TPQ Almujahidin

TPQ Annur Telihan

TPQ Baiturrahman

TPQ Darul Furqon

TPQ Hidayatul Mustofa

TPQ Metode Qira’ati

TPQ Miftahussir

TPQ Sabilunnjah

TPQ Sabilunnjah

TPQ Al Ikhlas BRS

Pontren Darussalam

Laporan: Tim Liputan Pktv Bontang