Berita Kota

Penyaluran Kredit di BPD Kaltim Cabang Bontang Turun Drastis

Bontang. Sepanjang tahun 2016, penyaluran kredit oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim Cabang Bontang menurun drastis. BPD hanya mampu mencapai 50 persen dari target yang ditentukan.

Selain disebabkan kondisi ekonomi yang belum stabil, defisit anggaran pemerintah pun memberi imbas. Dimana rencana proyek APBD yang seharusnya berjalan, banyak yang mengalami penundaan. Sehingga orientasi penyaluran kredit kepada kontraktor proyek pemerintah tidak berjalan maksimal.

“Namun begitu defisit tak sampai berimbas pada keterlambatan pembayaran. Dan tidak sampai membuat pelayanan kredit di Bank Kaltim macet,” terang Penyelia Kredit Umkm BPD Kaltim Cabang Bontang, Awang Aria Sukma Perdana.

Meski tak menyebutkan nominal pasti, ia mengatakan anjloknya penyaluran kredit terlihat dari perbandingan tahun 2015, yang mencapai 100 hingga 110 persen.

“Penyaluran kredit selalu didominasi sektor konstruksi. Ditambah kredit pegawai negeri sipil (PNS), dan pembiayaan modal bagi pelaku usaha kecil di Kota Bontang,” tambahnya.(*)

 

Laporan : Yuli & Nasrul

Click to comment
To Top