Ekonomi Pemerintah Topik

Penerima Raskin Bontang Turun 13 Persen

Bontang. Jumlah penerima beras miskin (Raskin) di Kota Bontang terus mengalami penurunan. Dari data tahun 2011, terdapat sebanyak 7.325 kepala keluarga (KK) yang mendapatkan serta menerima jatah raskin, berdasarkan indikator persyaratan untuk bisa ditetapkan sebagai penerima.

Namun, jumlah tersebut mengalami penurunan sebanyak 1.248 kepala keluarga pada tahun 2016, atau sebesar 13 persen dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Dimana tahun ini, jumlah penerima raskin hanya sebanyak 6.077 kepala keluarga.

“Hal itu berdasarkan data yang masuk dan terverifikasi dalam lima tahun terakhir,” ujar Asisten 2 Pemerintah Kota Bontang, Emlizar Mochtar.

Menurutnya, upaya penurunan jumlah keluarga miskin dilakukan Pemerintah Kota Bontang melalui sejumlah gebrakan. Diantaranya program penanggulangan kemiskinan melalui kantor pemberdayaan masyarakat, dengan pemberdayaan sektor ekonomi mikro.

“Kendati begitu, hingga saat ini Pemerintah terus berupaya lebih menekan jumlah keluarga miskin yang ada di Kota Bontang,” tambah Emlizar.

 

Laporan : Nia & Rahma

Editor : Maya Ch