Pemerintah

Pemkot Optimis Wistara Emas Kembali Diraih

Bontang. Walikota Adi Darma optimis penghargaan Wistara Emas 2015 akan kembali bertengger di Kota Bontang. Hal ini menurut Adi didasarkan atas kemajuan berbagai bidang yang terlaksana di Bontang beberapa waktu terakhir. Dan didalamnya telah mencapai delapan (8) dari 9 indikator yang disyaratkan untuk dapat menyandang gelar Kota Sehat di Indonesia.

Dalam peninjauan Tim penilai dan verifikasi Kota Sehat tahun 2015, Adi Darma memaparkan sejumlah progres yang tercakup dalam pembangunan Bontang selama pemerintahannya berjalan. Sejak tahun 2011, Pemerintah Kota Bontang menurutnya terus berupaya melaksanakan program yang secara langsung menjadikan Kota Bontang sebagai Kota Sehat.

Keberadaan alat pemantauan udara, kegiatan air sungai bersih, pengolahan air limbah domestik, kawasan perkantoran bebas asap rokok, pembangunan pasar sehat, pelatihan pasar sehat bagi pedagang, sekolah sehat, pelayanan transportasi pelabuhan sehat, aktivitas olahraga rutin masyarakat, dan bersih-bersih lingkungan sekitar pemukiman. Merupakan kegiatan dari berbagai usaha yang telah dilaksanakan Pemerintah untuk menjadi Kota Sehat.

“ semua kegiatan itu tercakup dalam 6 program prioritas pemerintah kota Bontang, dan masyarakat sejauh ini sangat mendukung hal itu,” ungkapnya.

Sementara Misriaty, salah satu anggota Tim Penilai Kota Sehat 2015 memberi apresiasi Kota Bontang yang dinilainya maju dan berkembang pesat.

Menurutnya hal ini patut dibanggakan Bontang, mengingat pembangunan yang berjalan tidak akan dapat terlaksana baik jika tidak didukung masyarakat terhadap berbagai program yang dicanangkan pemerintah.

“Saya sudah tiga kali ke Bontang dan terakhir sekitar lima tahun lalu. Kemajuan dan pembangunannya sangat pesat dan sangat luar biasa,” katanya.

Tim penilai dari Kementerian Kesehatan RI dan Provinsi Kalimantan Timur ini akan lakukan verifikasi langsung dilapangan, terhadap indikator Kota Sehat yang telah dijalankan oleh Pemerintah Kota Bontang. Mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, hingga tingkat Kota, serta sejumlah perusahaan.

 

Laporan : Humas Pemkot Bontang

Editor : Revo Adi M

Click to comment
To Top