Kawasan Perumahan Bukit Sekatup Damai (BSD) akses satu-satunya kawasan wisata mangrove
Pemerintah

Pemkot dan KIE Akan Bangun Jalan Alternatif Wisata Mangrove BSD

Bontang. Pemerintah Kota Bontang bersama dengan PT Kaltim Industrial Estate (KIE) dalam waktu dekat akan membangun jalan alternatif menuju wisata mangrove di wilayah Bukit Sekatup Damai (BSD).

Pembangunan jalan alternatif dilakukan untuk menjawab keluhan masyarakat sekitar BSD, yang kerap merasa terganggu dengan kondisi ramainya jalanan di area perumahan, karena menjadi satu-satunya akses menuju kawasan wisata tersebut. Bahkan, kerap terjadi macet dan tidak bisa dilalui kendaraan, lantaran banyaknya kendaraan pengunjung wisata mangrove yang parkir di badan jalan.

Pembangunan jalan alternatif wisata mangrove ini pun masuk daftar rekomendasi program CSR Perusahaan, yang dibahas DPRD bersama pemerintah dan perusahaan di Batam pada November 2016 lalu, untuk direalisasikan pada tahun 2017.

“Hasil komunikasi kami sementara ini, jalan alternatif tersebut rencana akan dibangun diluar perumahan BSD, diatas lahan milik KIE dan PKT, sedang pengerjaan serta anggaran pembangunan akan diserahkan ke Pemerintah Kota Bontang,” ujar perwakilan KIE Suwarno, rapat lanjutan hasil rakor program CSR perusahaan yang digelar DPRD Senin 6 Maret 2017.

Sebelumnya pada Februari 2017 lalu, Ketua RT 39 BSD Didi Haryanto, meminta pemerintah untuk dapat menyediakan akses jalan bagi wisatawan yang ingin menuju kawasan wisata mangrove. Sehingga jalan perumahan tidak dijadikan jalan umum bagi pengunjung seperti saat ini terjadi. Dimana akibat padatnya jalan area perumahan, sebagian penduduk BSD tidak bisa beraktifitas, lantaran macet akibat parkiran kendaraan pengunjung wisata.(*)

 

Laporan: Sary & Aris