Pendidikan

Pelajar SMA Sederajat di Bontang Lulus 100 Persen

Ilustrasi konvoi kelulusan tingkat SMA/SMK di Bontang (dok)
Ilustrasi konvoi kelulusan tingkat SMA/SMK di Bontang (dok)

Bontang. Kelulusan tingkat SMA/SMK sederajat di Kota Bontang, diumumkan serentak pada Kamis 3 Mei 2018. Ribuan siswa dari 13 SMA dan 13 SMK se Bontang, dinyatakan lulus 100 persen. Rianciannya, 1.493 siswa SMA dan 1.219 siswa SMK.

Pengumuman kelulusan dilakukan serentak pukul 17.00 Wita, diwakilkan kepada orangtua siswa.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Bontang Rakim, yang juga Kepala Sekolah SMA YPK mengatakan, kelulusan tidak hanya berpatokan pada hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) saja. Namun turut dipengaruhi beberapa faktor pendorong lainnya.

Diantaranya menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik, mengikuti ujian nasional, dan lulus USBN sesuai kriteria yang ditetapkan satuan pendidikan.

“Hasil dari seluruh penilaian itu, seluruh siswa SMA dan SMK di Bontang dinyatakan lulus 100 persen,” katanya saat ditemui Pktv Bontang, Jumat (4/5) pagi.

Pasca pengumuman kelulusan, seluruh pelajar tak diperkenankan melakukan konvoi maupun euforia berlebih. Bahkan Kepala Satlantas Polres Bontang AKP Irawan Setyono, menyebut telah siapkan 2 dus surat tilang dengan masing-masing berisi 50 blok, atau sekitar 250 surat tilang.

“Kalau ada yang konvoi langsung kami tilang. Hal ini untuk mengantisipasi aksi ugal-ugalan pelajar saat merayakan kelulusan,” kata AKP Irawan.(*)

 

Laporan: Yuli | Nasrul

Click to comment
To Top