Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Disdik Bontang, Saparuddin, saat pengecekan tas dan sepatu sekolah (Foto: Nasrul)
Berita Kota

Pekan Depan, Tas dan Sepatu Gratis Dibagikan Serentak

Bontang. Komitmen bantuan pendidikan berupa perlengkapan sekolah gratis, mulai tas, sepatu, hingga seragam mulai di realisasikan Pemerintah Kota Bontang, ditandai penyerahan simbolis oleh Walikota Neni Moerniaeni, saat peringatan HUT Bontang ke-18. Kamis 12 Oktober 2017.

Dan mulai pekan depan, perlengkapan sekolah gratis ini akan turut dibagikan kepada seluruh pelajar di kota Bontang.

Untuk tahap pertama, pemerintah akan mendistribusikan tas dan sepatu bagi pelajar SD, SMP, dan SMA sebanyak 38.727 paket. Mengingat seragam sekolah masih dalam tahap proses, dan mulai dibagikan pada bulan depan.

“Saat ini kami baru menitipkan 22.512 tas maupun sepatu ke sekolah-sekolah, sementara untuk pembagiannya ke siswa akan dilakukan serentak pada minggu depan,” kata Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Disdik Bontang, sekaligus pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) Saparuddin.

Pembagian sengaja dilakukan serentak, mengingat tas dan sepatu memiliki garansi selama satu minggu, sehingga jika terdapat kerusakan atau cacat mutu lainnya, dapat segera ditukar.

“Itu salah satu pertimbangan kenapa pembagian serentak dilaksanakan,” tambahnya.

Lebih lanjut, pengadaan ini diharap Saparuddin, dapat dimanfaatkan dan digunakan para pelajar Bontang dengan baik, mengingat bantuan sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam mendukung pendidikan yang berkualitas.

Terlebih pengadaan menghabiskan anggaran yang tidak sedikit. Seperti tas, menelan anggaran Rp4,2 miliar, sepatu Rp5,1 miliar, dan seragam Rp4,2 miliar.

“Jadi kami harap ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh siswa, dan tidak disia-siakan,” harapnya.

Adapun jumlah sekolah yang menerima bantuan sebanyak 120 sekolah, terdiri dari 62 Sekolah Dasar (SD), 34 Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 24 Sekolah Menengah Atas (SMA). (*)

 

Laporan: Yulianti Basri