Berita Kota

Peduli Sesama, LAZISNU Bedah Rumah Warga Tidak Mampu

Bontang. Salah satu program Lembaga Zakat Infaq dan Sodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kota Bontang, ditunjukkan melalui kepedulian terhadap sesama. Yakni, program NU Care LazisNU.

Melalui program ini, Lazisnu Bontang melakukan bedah rumah salah satu warga Bontang, beralamat di Jl Bandung 2 RT 25 Kelurahan Gunung Telihan Bontang Barat. Rumah milik pasangan Mislan dan Solekhatun, yang sudah 14 tahun selalu terendam banjir saat musim hujan.

Dikatakan Ketua LazisNU Bontang Adam Mansur, pihaknya sengaja memilih rumah pasangan dengan satu anak ini sebagai sasaran program bedah rumah. Mengingat ini merupakan salah satu rumah yang berdiri diatas tanah yang legalitasnya masih hutan lindung.

“Selain itu, keluarga ibu Solekhatun juga tergolong keluarga miskin sehingga layak untuk mendapat bantuan,” ujarnya.

Menurut Adam, program ini dapat terlaksana berkat adanya partisipasi masyarakat Bontang melalui infak dan sedekah hinga zakat melalui LazisNU.

“Kedepan program NU Care bedah rumah ini akan berkelanjutan, dan akan memberikan bantuan kepada warga lain yang membutuhkan melalui zakat infaq yang kami himpun,” tambahnya.

Camat Bontang Barat Sutrisno, yang turut hadri dalam kesempatan tersebut menyampaikan jika bahwa program bedah rumah yang digagas LazisNU Bontang ini sangat bermanfaat. Program ini kata dia sangat membantu pemerintah dalam membantu warga yang tidak mampu, sehingga bisa mendapat tempat berteduh yang lebih layak.

“Harapan kami, semoga program seperti ini dapat berkelanjutan dan merata di wilayah Bontang lainnya,” terangnya.

Sementara pemilik rumah Solekhatun, tak henti mengucap syukur atas bantuan yang diberikan LazisNU pada keluarganya, dengan memberikan bantuan bedah rumah gratis. Mengingat selama ini jika hujan ia dan keluarga tidak pernah bisa tidur nyenyak, karena rumah terendam banjir hingga mencapai paha orang dewasa.

“Alhamdulillah dengan bantuan ini kami sangat terbantu. Terima kasih atas bantuan LazisNU dan warga Bontang yang peduli terhadap kami,” paparnya.

Total bantuan yang dikeluarkan LazisNU untuk bedah rumah Solekhatun sebesar Rp 32 Juta, dengan luas tanah 5×6 meter yang diperkirakan memakan waktu pengerjaan selama enam hari. (*)

 

Laporan : Rahma & Mansur