Berita Kota

Peduli Sesama, Komunitas JDM Pupuk Kaltim Berbagi Jelang Ramadhan

Perwakilan Komunitas JDM menyerahklan secara simbolis bantuan kepada pimpinan Hifdzil Qur'an, Andi Bustam
Perwakilan Komunitas JDM menyerahklan secara simbolis bantuan kepada pimpinan Hifdzil Qur'an, Andi Bustam

Bontang. Menjelang masuknya bulan suci ramadhan 1440 Hijriyah, komunitas Jajah Deso Milangkori atau JDM Pupuk Kaltim, menggelar kegiatan bakti sosial  dengan mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes), Panti Asuhan, dan Panti Jompo dengan tajuk JDM Peduli. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari oleh komunitas yang beranggotakan para karyawan Pupuk Kaltim dan anak perusahaanya tersebut, yakni pada hari Rabu (1/5/2019) dan hari Sabtu (4/5/2019).

Pada kegiatan di hari Rabu, komunitas JDM mendatangi 4 pondok pesantren dan Panti Asuhan  yang ada dikota bontang dan sekitarnya. Pertama, Komunitas JDM mengunjungi Ponpes sekaligus panti asuhan Darul Qurra, Kelurahan Tanjung Laut. Mereka memberikan bantuan berupa paket sembako yang berisi beras/ mie/ telur/ gula dan minyak goreng, bantuan tersebut diterima langsung oleh pimpinan ponpes Fatman Marzuki.

Setelah Darul Qurra, Komunitas JDM selanjutnya mengunjungi Ponpes Nurul Misbah yang terletak di Saleba RT 17, Kelurahan Bontang Kuala. Bantuan yang sama, yakni paket sembako yang diterima oleh perwakilan ponpes Nurul Misbah ,Amien.

Sasaran bakti sosial Komunitas JDM selanjutnya adalah Ponpes Nurul Ichsan di Jalan Jati 1 RT 21 Perengan, Satimpo, Bontang Selatan. dalam kesempatan tersebut, Komunitas JDM menyerahkan bantuan material pembangunan berupa 50 sak semen  untuk pembanguan rumah tahfiz kepada perwakilan Ponpes Nurul Ichsan, Kumaini Rosadi.

Perjalanan baksos Komunitas JDM hari pertama tidak berhenti disitu, melainkan masih berlanjut ke Ponpes sekaligus Panti Asuhan Hifdzil Qur’an di kilometer 8 jalan poros Bontang-Samarinda. Untuk membantu para santri dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan, JDM memberikan paket sembako yang diterima oleh pimpinan Hifdzil Qur’an, Andi Bustam. Tempat ini menjadi penutup safari hari pertama jelang ramadhan yang dilakukan komunitas JDM.

Pada kegiatan hari kedua pada Sabtu (4/5/2019), komunitas yang memiliki anggota lebih dari 100 orang dari berbagai usia ini mengunjungi Masjid Suka Rahmat,  Jalan Pipa RT 17, Desa Suka Rahmat, Kecamatan Teluk Pandan. Dalam kesempatan itu, Komunitas JDM menyerahkan bantuan berupa paket sembako dan uang tunai kepada Panti Asuhan Suka Rahmat. Bantuan tersebut diserahkan kepada ketua ta’mir sekaligus Imam Masjid Suka rahmat, Misransyah.

Selanjutnya komunitas JDM bersilaturahmi dengan penghuni Panti Jompo yang terletak dijalan poros Bontang-Sangatta. Menariknya, dari jalan pipa ke loksi Panti Jompo, anggota komunitas JDM memilih berejalan kaki dan melintasi alam sejauh 2 kilometer, yang kemudian kembali lagi dengan melewati rute yang sama.

Ketua komunitas JDM pupuk kaltim, Mujab, mejelaskan bahwa jalan kaki ini sengaja dilakukan karena hari ini brertepatan dengan jadwal rutin olahraga jalan kaki lintas alam komunitas JDM.

“Total bantuan yang disalurkan dalam kegiatan Baksos Komunitas JDM mejelang Ramadhan tahun ini berjumlah 22juta lebih, semuanya dihimpun dari para anggota JDM. Dengan bantuan tersebut, diharapkan dapat membantu msayarakat yang membutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya di bulan suci Ramadhan, khusunya masyarakat yang rumahnya sering dilewati komunitas JDM saat berolah raga,” jelasnya.

Eko Agustoro yang merupakan koordinator kegiatan menambahkan, dengan program JDM peduli ini, diharapkan dapat membantu masyarakatan yang membutuhkan dalam memenuhi kebutuhan pokoknya dibulan suci Ramadhan.

Dijelaskannya bahwa Komunitas JDM merupakan komunitas  pencinta olahraga  masuk daerah pelosok atau  olahraga seperti berkelana, yang memiliki  anggota sekitar 100 orang lebih. Komunitas JDM  awalnya  adalah komunitas yang dibentuk oleh karyawan Pupuk kaltim di departemen spi dan keuangan, namun seiring banyak  karyawan yang pensiun, akhirnya tahun 2007, komunitas JDM  mulai terbuka bagi seluruh karyawan, dan masyarakat diluar karyawan Pupuk Kaltim.

“Saat ini anggota JDM bukan saja karyawan dan pensiunan pupuk kaltim saja, melainkan juga dari lintas instansi dan perusahaan dikota Bontang, komunitas JDM rutin melakukan olehraga  setiap hari sabtu atau minggu  dan hari libur,” jelasnya.

Laporan: Mansyur – Laksono

Click to comment
To Top