Hukum

Pastikan Kenyamanan Arus Mudik, Satlantas Bontang Cek Kelayakan Angkutan Darat

Satlantas Polres Bontang lakukan pemeriksaan kelayakan angkutan darat di Terminal Kilometer 6 (Foto: Yuli)
Satlantas Polres Bontang lakukan pemeriksaan kelayakan angkutan darat di Terminal Kilometer 6 (Foto: Yuli)

Bontang. Jelang Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bontang lakukan pengecekan kelayakan angkutan darat di terminal Kilometer 6. Sabtu, 9 Juni 2018.

Dipimpin langsung Kepala Satlantas AKP Irawan Setyono, petugas memastikan seluruh perangkat vital kendaraan yang digunakan untuk mudik lebaran berfungsi dengan baik.

Dikatakan AKP Irawan, kegiatan ini sebagai bentuk antisipasi mencegah kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) selama mudik lebaran tahun ini. Juga bagian dari Operasi Ketupat Mahakam 2018, untuk menjamin keamanan dan keselamatan penumpang angkutan umum.

“Kita cek kesiapan dan kelayakan kendaraan di terminal. Mulai rem, ban, lampu, hingga surat-surat kendaraan. Agar mudik dan arus balik tahun ini berjalan lancar serta tidak ada kecelakaan lalu lintas, ” ujarnya.

Satlantas Polres Bontang lakukan pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan dan kadar alkohol sopir angkutan darat di Terminal KM 6 (Foto: Yuli)

Selain kendaraan, Kepolisian juga turut lakukan pemeriksaan kadar alkohol tiap pengemudi, menggunakan alat pengecekan. Hal itu mengingat pengemudi angkutan umum, tidak boleh memiliki kadar alkohol melebihi 10 persen.

“Bagi pengemudi diharap dapat menjaga kesehatan, dan jangan mengkonsumsi alkohol, sebab keamanan dan keselamatan penumpang yang paling utama. Intinya tetap tertib dan disiplin berlalulintas,” tambah AKP Irawan.

Disamping upaya tersebut, Polres Bontang juga menyiapkan sejumlah pos pelayanan di jalan poros Bontang Samarinda, yang juga bisa dimanfaatkan para pemudik sebagai tempat istirahat. Dilengkapi dengan fasilitas seperti pemadam kebarakan dan ambulans, serta berbagai jenis pelayanan lainnya.(*)

Bersama Dishub Bontang, kelayakan seluruh bus angkutan darat diperiksa Satlantas Polres Bontang (Foto: Yuli)

 

Laporan: Yulianti Basri

Click to comment
To Top