Berita Kota

Pangdam VI Mulawarman Tutup TMMD Bontang Ke-102

Penutupan TMMD ke-102 di Kota Bontang (Foto: Nasrul)
Penutupan TMMD ke-102 di Kota Bontang (Foto: Nasrul)

Bontang. Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 di wilayah Kodim 0908 Bontang resmi berakhir. Ditutup melalui upacara di lapangan Berbas Pantai, oleh Panglima Kodam (Pangdam) VI Mulawarman, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Subiyanto. Dihadiri Danrem 091 Aji Surya Natakesuma, Walikota Neni Moerniaeni, Wakil Walikota Basri Rase, anggota DPRD dan pimpinan OPD Bontang, FKPD, hingga tokoh masyarakat. Rabu, 8 Agustus 2018.

Sejak dibuka 10 Juli lalu, seluruh pelaksanaan kegiatan fisik maupun non fisik dilaporkan berjalan maksimal, dan sesuai harapan. Hal ini sejalan dengan tujuan utama TMMD, membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, selain juga memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

TMMD ke-102 terdiri dari dua kegiatan, yakni fisik dan nonfisik. Untuk kegiatan fisik, terdiri dari penurapan sungai Bontang di Jl KS Tubun Kelurahan Api-api, pembangunan turap di belakang Masjid Nurul Jariah Kelurahan Loktuan, serta pemasangan paving block di Gereja Kemah Injil Indonesia Haleluya (KIIH) Kelurahan Telihan.

Sementara kegiatan nonfisik terdiri dari sosialisasi wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara, sosialisasi kerukunan hidup beragama, sosialisasi bahaya laten komunis (Balatkom) dan radikalisme, penyuluhan program keluarga berencana (KB) dan kesehatan, penyuluhan pertanian dan perikanan, penyuluhan hukum dan kamtibmas, serta bahaya bencana dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Diungkapkan Pangdam Subiyanto, TMMD ini merupakan wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, serta ketahanan Nasional guna menjaga keutuhan NKRI pada masyarakat, khususnya generasi milenial.

“Melalui kegiatan ini TNI berupaya membantu pemerintah daerah untuk kestabilan dan kemajuan Indonesia secara keseluruhan, melalui pengembangan potensi yang ada. Serta kekurangan harus diatasi guna mencapai pemerataan, pertumbuhan, serta kemandirian daerah secara berkelanjutan,” papar Pangdam.

Selain upacara, penutupan TMMD dirangkai berbagai kegiatan sosial, seperti pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, bazar sembako murah, hingga khitanan massal. Ditinjau langsung Pangdam VI Mulawarman bersama Walikota dan Wawali Bontang. (*)

 

Laporan: Yuli | Nasrul

Click to comment
To Top