Hukum

Operasi Zebra Berakhir, 1200 Pengendara Ditilang

Kasat Lantas AKP Irawan Setyono (Foto : Nasrullah)
Kasat Lantas AKP Irawan Setyono (Foto : Nasrullah)

Bontang. Operasi Zebra Mahakam 2018 yang digelar oleh Polres Bontang sejak 30 Oktober lalu resmi berakhir pada senin 12 November 2018.

Selama 14 hari Operasi Zebra, Polantas Bontang menilang 1200 Pengendara tak taat aturan.  Angka tersebut mengalami kenaikan yang signifikan jika dibandingkan dengan Operasi Zebra 2017 yang hanya 700 penindakan. Selain penindakan, Polantas Polres Bontang juga memberikan teguran terhadap 700 Pengendara. Pelanggaran yang paling mendominasi yakni melawan arus sebanyak 315 pelanggaran,  tidak menggunakan helm sebanyak 270 pelanggar dan berkendara di bawah umur mencapai 240 orang.

“Target dari Polda 700 penindakan, dengan jumlah tilang yang Kita lakukan selama 14 hari, ada kenaikan sekitar 71 % dari operasi Zebra tahun lalu,” Tutur Kasat Lantas Polres Bontang AKP Irawan Setyono.

Pengendara sepeda motor masih mendominasi pelanggaran, yakni mencapai 1005 pengendara, sementara pengendara mobil yang ditilang berkisar 209 kendaraan.

Jika dibandingkan dengan Pelajar, pada operasi zebra mahakam tahun ini justru lebih didominasi oleh para pekerja dengan rentan usia 26-30 tahun sebanyak 750 pelanggaran, berada jauh dari pelanggaran yang dilakukan oleh kaum pelajar sebanyak 291 Orang.

“Sosialisasi yang dilakukan di Sekolah membawa dampak baik, perlahan pelajar yang melanggar mulai berkurang. Harapannya, Masyarakat bisa lebih taat dalam berlalu lintas,”  tutupnya. (*)

 

Laporan : Yuli | Nasrul

 

Click to comment
To Top