Parlemen

Nursalam: Pokir Dewan Tak Singkirkan Usulan Musrenbang

Ketua DPRD Bontang Nursalam (Foto: Faisal)

Bontang. Ketua DPRD Bontang Nursalam, menegaskan jika anggapan terkait Pokok Pikiran (Pokir) Anggota Dewan yang dinilai menjadi penyebab tidak terpenuhinya berbagai usulan Musrenbang selama ini, merupakan suatu hal yang keliru.

Menurutnya, anggaran pokir anggota dewan dialokasikan khusus dan terpisah dengan Musrenbang, sehingga tidak akan terjadi pengalihan ataupun penghapusan usulan tiap Kelurahan maupun Kecamatan dalam Musrenbang, hanya untuk mengakomodir pokir dewan.

Selain itu, waktu perencanaan dan penetapan usulan pokir pun kata dia, berbeda dengan dengan masa pelaksanaan Musrenbang. Sebab, usulan pokir DPRD disyaratkan untuk disahkan pada awal tahun atau bulan Januari, sebelum pelaksanaan Musrenbang yang mulai dibahas pada rentang waktu Februari hingga Maret setiap tahunnya.

“Maka tidak akan ada benturan antara pokir DPRD dengan usulan Musrenbang, karena jalur dan anggarannya berbeda,” ujarnya saat menghadiri Musrenbang tingkat Kecamatan Bontang Utara, Selasa (13/3) pagi.

Ia pun meminta agar persoalan pokir dewan dan usulan Musrenbang tidak perlu dibesar-besarkan, lantaran dua hal tersebut sama mengakomodir berbagai usulan berdasarkan kebutuhan masyarakat. Hanya saja dengan jalur yang berbeda, dengan poin usulan dan waktu penetapan yang juga berbeda.

“Kami harap jangan ada lagi anggapan kalau pokir DPRD menyingkirkan usulan Musrenbang, karena dua-duanya sama mengakomodir usulan masyarakat,” tambah Nursalam. (*)

 

Laporan: Sary | Faisal

Click to comment
To Top