Corporate

Mudik Gratis Bersama Pupuk Kaltim, Antar Warga Lebaran di Kampung Halaman

Pelepasan Mudik Gratis Bersama Pupuk Kaltim (Foto: Humas PKT)
Pelepasan Mudik Gratis Bersama Pupuk Kaltim (Foto: Humas PKT)

Bontang. PT Pupuk Kalimantan Timur resmi melepas peserta mudik gratis bertajuk Mudik Bareng Guyub Rukun di pelabuhan Loktuan Bontang Utara. Senin, 4 Juni 2018.

Mudik gratis bareng Pupuk Kaltim 2018 ditandai keberangkatan kapal KM Binaiya tujuan Barru Sulawesi Selatan. Dilepas langsung Direktur SDM dan Umum Pupuk Kaltim Meizar Effendi, bersama Wakil Walikota Basri Rase dan jajaran manajemen perusahaan.

Dikatakan Meizar, program ini dalam rangka menyambut Idul Fitri 1439 H, guna membantu masyarakat Bontang khususnya yang bermukim di kawasan bufferzone, agar bisa bertemu keluarga dan kerabat di kampung halaman.

Program ini juga diharapkan mampu meringakan beban warga yang sudah lama tidak pulang kampung, lantaran kesulitan ekonomi.

“Mudik gratis ini juga dilaksanakan sebagai upaya mengurangi angka kecelakaan dan kemacetan di jalan raya,” ucapnya.

Penyematan tanda peserta mudik gratis bersama Pupuk Kaltim (Foto: Humas PKT)

Tercatat ada 3.900 tiket yang diberikan Pupuk Kaltim kepada masyarakat Bontang, khususnya masyarakat Guntung dan Loktuan. Seluruh tiket terdiri dari 1.900 tiket kapal laut tujuan Barru, Makassar, dan Surabaya. Serta 2.000 tiket bus untuk tujuan Balikpapan, Tenggarong, dan Banjarmasin.

“Program ini kami upayakan terus berlanjut di tahun berikutnya, sehingga makin mendekatkan perusahaan dengan masyarakat,” tambah Meizar.

Mudik gratis bareng Pupuk Kaltim ini pun mendapatkan apresiasi Pemerintah Kota Bontang, karena selain mampu meringakan beban pemerintah akan pelaksanaan arus mudik masyarakat, juga sangat menolong warga tidak mampu yang ingin lebaran bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman.

“Mengingat tingginya antusias masyarakat akan program ini, kami harap kedepan Pupuk Kaltim dapat menambah jumlah kuota peserta mudik,” ujar Wawali Basri Rase.

Peserta Mudik Gratis Bersama Pupuk Kaltim mulai menaiki KM Binaiya (Foto: Humas PKT)

Seremonial pelepasan mudik gratis ini merupakan keberangkatan kedua, setelah sebelumnya berangkat pada 31 Mei 2018. Kali ini, 477 peserta berangkat menuju Barru Sulawesi Selatan.

Sedangkan pemberangkatan mudik gratis menggunakan transportasi darat berlangsung pada 6 Juni 2018 mendatang. Meski gratis, Pupuk Kaltim tetap menjamin kenyamanan peserta mudik selama perjalanan. Salah satunya dibuktikan dengan menyiapkan kamar fasilitas AC hingga Wifi, bagi peserta mudik.

Hal serupa juga berlaku bagi peserta mudik menggunakan transportasi darat, dengan menyiapkan 35 bis dengan fasilitas full AC.(*)

Keberangkatan KM Binaiya membawa rombongan Mudik Gratis Bersama Pupuk Kaltim (Foto: Humas PKT)

 

Laporan: Tim Liputan Pktv

Click to comment
To Top