Kesehatan

Mudahkan Pendaftaran Pasien, Puskesmas Bontang Utara 1 Sosialisasi Aplikasi SiDoi

Wawali Basri Rase coba pendaftaran via Aplikasi SiDoi (Foto: Mansur)
Wawali Basri Rase coba pendaftaran via Aplikasi SiDoi (Foto: Mansur)

Bontang. Puskesmas Bontang Utara 1 yang menjadi kepanjangan tangan Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Diskes-KB) Bontang, terus melakukan inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan menerapkan layanan Sistem Pendaftaran Pasien Online (Sidoi) yang mulai disosialisasikan Rabu, 25 April 2018.

Sosialisasi program pendaftaran pasien tampa antri, praktis, mudah, dan efisien ini ditandai ujicoba pendaftaran melalui aplikasi Sidoi oleh Wakil Walikota Bontang Basri Rase, dipandu petugas puskesmas.

Sosialisasi Sidoi diikuti berbagai perwakilan pihak terkait, diantaranya Dinas Komunikasi, Informatikam dan Statistik (Diskominfotik) selaku pembuat aplikasi, serta perwakilan klinik, rumah sakit, dan kader kesehatan se-Kota Bontang.

“Aplikasi Sidoi memberi kemudahan kepada pasien, untuk dapat melakukan pendaftaran secara online tanpa harus datang antre mengambil nomor pendaftaran di puskesmas,” papar Kepala Puskesmas Bontang Utara 1 drg Erwin Wahyudiono.

Program ini kata dia, sebagai salah satu inovasi Puskesmas bersama Diskominfotik Bontang, guna mendukung program Smart City dan Creative City yang dicanangkan Pemerintah Kota Bontang.

“Untuk sementara, pendaftaran pasien online hanya dibuka pagi hari saja, dan hanya poli anak dan poli umum. Sebab untuk layanan beberapa poli lainnya masih dalam proses,” tambah drg Erwin.

Dirinya mentargetkan aplikasi Sidoi dapat diberlakukan di seluruh poli, untuk lebih memudahkan pendaftaran pasien. Namun begitu pendaftaran secara manual akan tetap dibuka, untuk melayani masyarakat yang belum bisa menggunakan internet atau tidak memiliki handphone.

Sementara Wakil Walikota Basri Rase, menyambut baik atas upaya peningkatan pelayanan yang dilakukan oleh puskesmas Bontang Utara 1, ia berharap dengan aplikasi Sidoi akan memudahkan pasien mendaftar, serta mengurangi antrean panjang di puskesmas.

“Kami berharap program serupa tidak hanya di Puskesmas Bontang Utara 1 saja, tapi juga diterapkan di seluruh puskesmas Kota Bontang,” harap Basri.

Sebagai bentuk dukungan, Wawali Basri Rase bersama undangan turut membubuhkan tandatangan terhadap program Sistem Pendaftaran Pasien Secara Online.(*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top