Pemerintah

Mudahkan Pelaku Usaha, DPMTK-PTSP Bontang Buka Layanan Perizinan Keliling

Kepala Seksi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Usaha DPMTK-PTSP Sri Asih (kiri), saat melayani pengajuan perizinan masyarakat (Foto: Nasrul)
Kepala Seksi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Usaha DPMTK-PTSP Sri Asih (kiri), saat melayani pengajuan perizinan masyarakat (Foto: Nasrul)

Bontang. Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTK-PTSP), terus berupaya melakukan optimalisasi dan percepatan pelayanan ke masyarakat. Salah satunya diwujudkan melalui inovasi Layanan Perizinan Usaha Keliling (Lapusling), yang rencananya akan launching pada awal Juli 2018.

Program ini digagas untuk mempercepat proses perizinan yang diajukan, dengan terjun langsung ke masyarakat. Sekaligus memanfaatkan keberadaan mobil keliling yang diharap dapat mempermudah pengurusan.

Kepala Seksi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Usaha DPMTK-PTSP Sri Asih, menjelaskan Lapusling mencakup 3 pelayanan sekaligus. Diantaranya layanan pendaftaran permohonan izin yang membutuhkan rekomendasi dari Organisasi Perangkat daerah (OPD), layanan penerbitan izin usaha seperti SIUP dan TDP, serta layanan konseling.

“ Selain itu Lapusling juga memiliki 3 kategori, yakni jangka pendek, menengah, dan jangka panjang,” katanya.

Untuk jangka pendek, inovasi Lapusling akan melayani segala bentuk perizinan usaha masyarakat, untuk lebih diperluas melalui jangka menengah hingga jangka panjang. Dengan pelayanan yang diberikan, dari hanya melayani izin usaha keliling akan ditambah pelayanan izin dasar seperti IMB dan sebagainya.

“Begitu pula wilayah cakupan pelayanan keliling juga akan diperluas,” lanjutnya.

Diawal pengoperasiannya, pelayanan perizinan usaha keliling dibuka mulai pukul 08.00 Wita hingga 11.00 Wita di 3 lokasi secara bergantian. Yakni halaman parkir Plaza Taman (Ramayana), halaman parkir Bank Kaltimtara, dan Terminal Bontang Kuala.(*)

 

Laporan: Yuli | Nasrul

Click to comment
To Top
No announcement available or all announcement expired.