Bessai Berinta

MTQ Ke-14 Kota Bontang Resmi Dibuka

Pembukaan MTQ Tingkat Kota Bontang tahun 2018 (Foto: Faisal)
Pembukaan MTQ Tingkat Kota Bontang tahun 2018 (Foto: Faisal)

Bontang. Berlangsung hingga 21 September mendatang, pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-14 tingkat Kota Bontang di Arena MTQ Jl AM Parikesit Kelurahan Bontang Baru Bontang Utara, secara resmi dibuka Walikota Bontang. Minggu malam, 16 September 2018.

Diawali defile 301 peserta dari Kecamatan Bontang Selatan, Bontang Utara, dan Bontang Barat. Mereka akan bersaing menjadi yang terbaik untuk bisa mewakili Bontang pada MTQ Tingkat Provinsi tahun 2019 mendatang, selain juga memperebutkan predikat juara umum yang tahun lalu diraih Kecamatan Bontang Selatan.

Asisten Administrasi Pembangunan Pemkot Bontang Zulkifli, selaku Ketua Panitia MTQ, mengatakan penyelenggaraan kegiatan ini sebagai upaya membumikan dan mensyiarkan lantunan Al-Quran di Bontang. Serta sebagai ajang kompetisi untuk mencari bakat unggul yang akan mewakili Bontang ke tingkat Provinsi.

Beberapa cabang yang akan dilombakan diantaranya Tahfidz 1 dan 5 Juz Tilawah, tafsir bahasa arab, inggris dan bahasa Indonesia. Musabagoh Sahril Quran, Musabaqoh Fahmil Qur’an makalah Al-Quran, tilawah golongan dewasa serta tilwah cacat netra.

“Arena yang digunakan yakni lapangan MTQ Parikesit, pendopo rumah jabatan Walikota, auditorium taman 3 dimensi, Musholla Al-Karomah Kantor Kementerian Agama Bontang, serta Gedung Baitul Qur’an Pisangan,” ujar Zulkifli.

Sementara Walikota Neni Moerniaeni, berharap agar MTQ sebagai upaya untuk membumikan dan mensyiarkan Al-Qur’an, dapat menjadi pembelajaran generasi muda Bontang, untuk senantiasa mengamalkan isi kandungan dan ajaran Al-Qur’an.

“Serta dapat melahirkan Qori serta Qoriah terbaik untuk kota Bontang,” kata Neni.

Pembukaan MTQ ke-14 ditandai penyerahan piala bergilir dari Kecamatan Bontang Selatan selaku juara umum tahun lalu ke Walikota Neni, untuk diserahkan Kepada Ketua LPTQ bontang serta penekanan tombol sirine. (*)

 

Laporan: Faisal

  • 13
    Shares
Click to comment
To Top