Bessai Berinta

Miliki Ekskavator Amfibi, DLH akan Optimalkan Penanganan Normalisasi Sungai dalam Kota

ekskavator amfibi  milik dinas lingkungan hidup (foto:aris)
ekskavator amfibi  milik dinas lingkungan hidup (foto:aris)

Bontang. Dalam mengoptimalkan program kali bersih berupa penanganan normalisasi dan restorasi sungai di dalam kota, pemerintah Kota Bontang melalui dinas lingkungan hidup menambah 1 unit alat penunjang normalisasi sungai berupa ekskavator amfibi bernama ultratrex tipe ax85lrp asal Jepang.

Kepala bidang kebersihan lingkungan hidup Kota Bontang Taupan Kurnia mengatakan, akan menjadi alat baru bagi pemerintah Kota Bontang dalam penanganan normalisasi dan restotasi sungai yang rencanannya akan beroperasi pada pertengahan Maret 2019. Maka dengan adanya alat ini diharapkan bisa menjadi solusi mengatasi normalisasi di sungai-sungai dalam kota.

“Ekskavator amfibi ini juga mampu mengeruk sampah dan lumpur hingga ke tengah kolam maupun sungai karena alat ini bisa terapung di air, layaknya amfibi sungguhan,” ujarnya. 

Untuk di ketahui pemerintah Kota Bontang memang tengah gencar melakukan berbagai macam upaya untuk mewujudkan Bontang menjadi green city. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan normalisasi dan restorasi sungai dengan program kali bersih dan program tersebut saat ini sedang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bontang. (*)

Laporan: Ariston Rajab

Direktorat Pro

Click to comment
To Top