Salah satu kegiatan peringatan bulan bahasa SMP YPK (Foto: Mansur)
Pendidikan

Meriahnya Peringatan Sumpah Pemuda, Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan di SMP YPK

Bontang. Memperingati Sumpah Pemuda, bulan bahasa, serta hari pahlawan tahun 2017, Sekilah Menengah Pertama (SMP) Yayasan Pupuk Kaltim menggelar berbagai kegiatan rutin tahunan, secara meriah dengan melibatkan seluruh siswa dan guru. Rabu, 15 November 2017.

Kegiatan diawali upacara di halaman sekolah, dilanjutkan berbagai perlombaan seperti fasionshow, lomba mading kelas, lomba kesehatan dan kerapian kelas, story telling, lomba cipta dan baca puisi, lomba menggambar, lomba perpustakaan kelas, lomba debat, lomba membatik, lomba poster, fotografi, serta lomba cipta cerpen. Diikuti seluruh siswa mulai kelas VII hingga kelas IX.

Selain itu, lagu dan puisi juga mewarnai peringatan tiga momen tersebut, dibawakan oleh guru SMP YPK Yuli Setiawati bersama siswa.

Dalam amanatnya, Kepala Sekolah SMP Ypk Suroto, berharap para siswa dapat terus mengisi kemerdekaan melalui hal-hal yang positif, serta mampu mewarisi api sumpah pemuda dari para pahlawan.

Dirinya meminta siswa untuk selalu menjadi pahlawan bagi diri sendiri, keluarga, sekolah, dan pahlawan bagi nusa bangsa.

“Maka dari itu, siswa dituntut untuk terus berjuang mengalahkan musuh terbesar dalam diri, yakni rasa malas,” ujar Suroto.

Sementara Yuli Setiawati, ketua panitia penyelenggara kegiatan ini mengatakan tujuan peringatan tiga agenda tersebut guna mengambil makna positif yang terkandung dalam setiap momentum peringatan, yang diaplikasikan melalui ajang yang mendidik, guna menemukan bibit unggul dari beberapa kegiatan tersebut.

“Sehingga nantinya bisa mewakili sekolah dalam berbagai ajang yang digelar, disamping juga mengasah kreativitas anak didik,” katanya. (*)

 

Laporan: Mansur