Kesehatan

Melalui Germas, Diskes KB Ajak Pegawai Terapkan Pola Hidup Sehat

Senam sehat bertajuk Go Germas Praja bersama Diskes KB Bontang (Foto: Faisal)
Senam sehat bertajuk Go Germas Praja bersama Diskes KB Bontang (Foto: Faisal)

Bontang. Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Diskes KB) Kota Bontang mengajak seluruh Pegawai Negeri Sipil dan Honorer di lingkup Pemerintah Kota Bontang untuk membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat secara teratur, dan disiplin dalam keseharian. Ajakan ini sebagai bentuk komitmen dalam mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang digalakkan.

Salah satunya tampak melalui kegiatan di Graha Taman Praja Dinas Bontang Lestari, Diskes KB mengkampanyekan Germas kepada ratusan pegawai melalui berbagai kegiatan. Mulai senam bersama, jalan santai, hingga cek kesehatan. Jumat pagi 21 September 2018.

Dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Diskes KB Bontang Bahauddin, tujuan Germas adalah untuk mengubah kebiasaan masyarakat untuk mulai menerapkan pola hidup sehat sejak dini.

Pasalnya pola hidup sehat merupakan upaya membangun kesadaran dalam menjaga kesehatan, selain juga pembangunan kesehatan melibatkan beberapa sektor dan tidak hanya terfokus pada pengobatan saja.

“Namun juga pada tataran sebelumnya, yakni pencegahan dan penerapan pola hidup sehat,” kata Bahauddin.

Menurut dia, ada empat komponen yang dapat diterapkan pegawai di lingkup Pemkot Bontang, untuk menciptakan pola hidup sehat. Diantaranya melakukan aktivitas fisik, konsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara berkala, hingga penegakan kawasan tanpa rokok.

Kampanye Germas bagi seluruh pegawai Pemkot Bontang juga salah satu upaya Diskes KB memberikan edukasi, terkait perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan pemerintahan sebelum terjun ke masyarakat.

“Harapannya para pegawai pemerintahan dapat memberi contoh baik bagi masyarakat umum, khususnya dalam menerapkan pola hidup sehat,” tambah Bahauddin.

Kampanye Germas di kalangan pegawai pun diharap dapat terus berlanjut, dan tidak hanya sebatas seremonial belaka. Hal ini guna membiasakan dan menanamkan pola hidup sehat kepada para pegawai.(*)

Wawali Resmikan Smoking Area Graha Taman Praja

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase meresmikan ruang merokok di salah satu sudut gedung Graha Taman Praja, disediakan bagi para perokok yang ada di lingkungan gedung dinas.

Pantauan tim liputan PKTV, fasilitas ruangan khusus merokok ini terdiri dari kursi, asbak, hingga kipas penghisap udara. Ruangan ini yang dihadirkan untuk mengurangi sampah puntung rokok dan menjaga kebersihan.

“Adanya ruang khusus ini, diharapkan para pegawai tidak lagi menghisap rokok di sembarang tempat,” harap Bahauddin. (*)

Wawali Basri Rase saat meninjau ruang merokok di Graha Taman Praja (Foto: Faisal)

Laporan: Sary | Faisal

Click to comment
To Top