Petugas Dinas PMK dan Penyelamatan saat tangani sarang tawon di rumah warga (Foto: Yuli)
Berita Kota

Marak Sarang Tawon, Petugas Basmi Hingga Tiga Lokasi Sehari

Bontang. Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bontang kembali mendapat panggilan mengusir sarang tawon di pemukiman warga, Selasa (14/11). Bahkan dalam satu hari, para petugas berhasil membasmi tiga sarang sekaligus, yang sangat meresahkan di pemukiman warga.

Diakui sejumlah petugas, belakangan ini banyak ditemukan sarang tawon di Kota Bontang, baik yang tergantung di pohon hingga masuk ke pemukiman rumah warga.

Evakuasi tersebut diantaranya di perumahan Salona Baru Kelurahan Loktuan, dilakukan sekitar pukul 14.00 Wita. Disini Dinas PMK dan Penyelematan mengevakuasi sarang tawon di Sound System rumah warga, dengan menurunkan sembilan personel.

Selanjutnya pukul 15.44 Wita, sarang tawon di teras lantai 2 rumah warga Jl Polo Air Kelurahan Api-api pun berhasil dibasmi, serta pukul 20.00 Wita evakuasi kembali dilakukan di Jl Seruling Kelurahan Bontang Baru dengan menurunkan 15 personel.

Kepala Dinas PMK dan Penyelamatan Moh Yani, mengimbau masyarakat untuk dapat memperhatikan lingkungan masing-masing, terutama menemukan saat menemukan sarang tawon yang masih kecil. Agar segera melapor sehingga bisa ditindaklanjuti dengan cepat sebelum menyebar lebih luas.

“Jangan sampai dibiarkan, karena dapat mengancam dan berdampak buruk bagi warga sekitar,” ujarnya.

Dikatakan Moh Yani, dari data yang ada, sepanjang tahun 2017 terdapat sekitar 37 sarang tawon yang berhasil ditangani pihaknya berdasarkan laporan warga.

Ia pun menyarankan agar masyarakat tidak menangani sendiri sarang tawon, tanpa menggunakan kelengkapan yang memadai.

“Lebih baik melapor agar bisa segera kami tindaklanjuti,” tambahnya.

Rata-rata sarang tawon yang ditangani merupakan sarang tawon tanah, melalui cara sederhana menggunakan cahaya api. Rata-rata evakuasi dilakukan pada malam hari, namun beberapa diupayakan pada siang hari.(*)

 

 

Laporan: Yulianti Basri