Berita Kota

Manfaat Penting Baking Soda Hingga Harus Selalu Tersedia di Rumah

baking soda dengan bermacam manfaatnya (foto: google image)

Bontang. Baking soda bukan nama yang asing dalam kehidupan kita. Dengan nama ilmiah Natrium Bikarbonat (NaHCO3). Senyawa ini termasuk jenis garam-garaman dan dikenal sebagai garam multifungsi sejak lama. Apalagi, saat ini, baking soda sering dibicarakan banyak orang di media sosial sebagai bahan yang harus ada di daftar belanjaan bulanan.

Nah, saking banyaknya manfaat baking soda untuk keperluan rumah tangga, ada baiknya simak dahulu penjelasannya berikut ini. Agar kamu tahu bahwa kamu juga wajib membelinya dan menyediakan di rumah setiap saat.

  1. Membersihkan perabot rumah

Baking soda wajib ada di rumah karena setabur saja akan berarti. Manfaatnya bagi dapur toilet, bak cuci piring, lantai, dan lainnya. Misalnya, untuk membersihkan toilet cukup taburkan di lantai yang kotor lalu diamkan beberapa saat kemudian gosok dan siram dengan air.

Lantas, untuk perabot rumah yang berbahan stainless seperti bak cuci piring, kamu bakal di buat terkejut dengan hasilnya. Cukup ditaburkan dan gosok dengan spons, bak cuci piring juga akan kinclong kembali.

  1. Merawat kecantikan

Siapa sangka baking soda juga bermanfaat untuk kecantikan. Selain berguna untuk keperluan memasak dan membuat kue, baking soda juga sangat berguna untuk merawat wajah, gigi, dan rambut. Misalnya untuk wajah, bisa digunakan sebagai scrub yang mampu mengikis kulit mati dan mencerahkan wajah. Untuk perawatan gigi, baking soda bisa di jadikan pasta gigi yang dapat  membuat gigi putih dan membunuh kuman di mulut. Sedangkan manfaat bagi rambut bisa dijadikan masker rambut, manfaatnya mampu mengusir ketombe dan rasa gatal di kulit kepala. Wah, asyik juga kan manfaatnya?

  1. Membersihkan barang pribadi

Nah ada lagi manfaat si baking soda nih, yakni sebagai pembersih barang pribadimu sendiri. Misalnya sepatumu kotor dan sudah dengan berbagai cara di bersihkan kotoran gak bisa hilang sempurna, jangan khawatir cukup oleskan cairan baking soda dan diamkan sesaat lalu gosok dan hasilnya sepatumu akan kembali bersih. Untuk pakaian kotormu juga bisa dong, baking soda akan menghilangkan noda di pakaianmu dengan cukup taburkan sesendok baking soda dalam rendaman cucian lalu kucek pakaian maka akan terlihat hasilnya.

  1. Merawat kesehatan

Ternyata, baking soda juga baik untuk menjaga kesehatan. Fungsi baking soda dapat digunakan untuk menurunkan kadar asam lambung. Selain itu, baking soda juga dapat Menetralkan ph darah yang terlalu asam. Namun, gunakan dengan benar ya dosisnya dan tetap berkonsultasi dengan dokter.

Nah bagaimana menarik bukan paparan manfaat baking soda ini? Nah, jadi tak ada kata nanti lagi untuk selalu menyediakan baking soda di rumah.

Penulis: Rahma

Click to comment
To Top