Pilkada

Libatkan RT, KPU Siap Verifikasi KTP Pendukung Calon Independen

Bontang. KPU Kota Bontang nyatakan optimis dapat verifikasi seluruh Kartu Tanda Penduduk (KTP), dukungan pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota bontang dari jalur independen.

Dijelaskan Ketua KPU Bontang Suardi, selain melibatkan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS),KPU berencana akan membentuk tim tingkat RT untuk membantu kelancaran proses verifikasi yang dilakukan.

“kami optimis dapat selesaikan verifikasi dukungan calon independen. Rencananya kami juga akan bentuk tim ditingkat RT untuk mempermudah verifikasi dilakukan,” jelasnya.

Mekanisme verifikasi terlebih dahulu akan dilakukan pengecekan potensi KTP ganda oleh KPUuntuk kemudian dilakukan pengecekan oleh PPS dilapangan. Dari hasil ini kemudian diserahkan ke tingkat PPK guna verifikasi faktual.

Sementara untuk pelaksanaan verifikasi, menurut Suardi akan dilaksanakan selama 15 hari, terhitung sejak tanggal penyerahan berkas KTP disampaikan ke KPU.

“ kami targetkan 15 hari dapat selesai, yang dihitung dari tanggal penyerahan berkas dukungan dilakukan oleh setiap pasangan calon independen,” tambahnya.

 

 

Laporan : Sary Attaya & Mansur

Editor : Revo Adi M

Click to comment
To Top