Berita Kota

Lawan Obesitas, Minimalisir Risiko Penyakit Katastropik

Seminar Kesehatan RS Pupuk Kaltim bersama PIKA (Foto: Mansur)
Seminar Kesehatan RS Pupuk Kaltim bersama PIKA (Foto: Mansur)

Bontang. Rumah Sakit Pupuk Kaltim melalui PT Kaltim Medika Utama, didukung Pupuk Kaltim dan Persatuan Istri Karyawan (PIKA) Pupuk Kaltim, menggelar seminar kesehatan mencegah penyakit katastropik akibat obesitas, mengangkat tema “Manage Obesity to Prevent Catashtropic Disease”.

Seminar berlangsung di Gedung Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim, diikuti ratusan peserta dari karyawan Pupuk Kaltim, anggota PIKA serta masyarakat umum. Dihadiri Wakil Ketua 1 PIKA Lola Karmila bersama General Manager Operasi 2 Muhamad Safei, dan Manager Departemen K3 Wisnu Wibowo.

Seminar ini sebagai upaya penambahan pengetahuan serta pemahaman kepada masyarakat, terkait obesitas. Mulai penyebab hingga cara pencegahannya.

Berdasarkan hasil penelitian, penderita obesitas pada laki-laki dewasa mencapai 15-20 persen dari jumlah populasi, dan 25-30 persen untuk penderita wanita.

“Obesitas perlu dicegah, karena berdampak pada munculnya penyakit katastropik. Atau penyakit yang berujung pada penderitaan, seperti halnya kanker, stroke, serta gagal ginjal,” ujar Direktur Utama Kaltim Medika Utama Nurul Fathoni.

Sementara Lola Karmila, menyambut baik seminar ini. Apalagi anggota PIKA sebagai ibu rumah tangga, dinilai sangat penting memahami informasi tentang kesehatan dan gizi. Sehingga makanan yang disajikan bagi keluarga memenuhi unsur gizi dengan pengolahan yang tepat. Dan mampu meminimalisir risiko obesitas dari jenis makanan yang disajikan.

“Maka dari itu kami harap melalui seminar ini bisa menambah pemahaman kita untuk menyediakan menu makanan yang sesuai asupan gizi bagi keluarga,” papar Lola.

Seminar menghadirkan Spesialis Gizi Klinik Divisi Nutrisi Metabolik RSUD Taman Husada Bontang dr Wijayanto. Dalam materinya anak pensiunan Pupuk Kaltim ini memaparkan apa itu obesitas, penyebab hingga cara pencegahannya. (*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top
No announcement available or all announcement expired.