Sidak Komisi 3 DPRD di area Pelabuhan Loktuan (Foto: Faisal)
Parlemen

Lahan Pelabuhan Dipakai Jualan, Komisi 3 Minta Tak Ada Pinjam Pakai

Bontang. Adanya laporan masyarakat yang melalui media sosial terkait penggunaan lahan di area perluasan Pelabuhan Loktuan yang telah dibebaskan Pemerintah dan diduga untuk kepentingan pribadi, langsung ditanggapi Komisi 3 DPRD Bontang dengan melakukan sidak ke lokasi. Senin, 11 Desember 2017.

Dari pantauan di lokasi, tampak ada sekat-sekat yang sepertinya akan digunakan untuk berjualan di atas lahan tersebut. DPRD pun meminta Dinas Perhubungan dan Kelurahan Loktuan untuk segera menyelesaikan persoalan ini dengan masyarakat secara kekeluargaan.

“Lebih baik ini (lahan) disterilkan dulu, dan pemerintah bisa selesaikan ini dengan masyarakat secara kekeluargaan,” kata Ketua Komisi 3 DPRD Rusrtam Hs.

Senada, Anggota Komisi 3 lainnya M Dahnial, menilai jika pemerintah melakukan pinjam pakai terhadap lahan tersebut, dikhawatirkan akan menimbulkan persoalan baru kedepannya. Dan bisa berdampak terhadap pembangunan serta perluasan area pelabuhan Loktuan kedepannya.

“Kami harap ada ketegasan dari pemerintah dan Kelurahan, agar lahan tersebut tidak dipinjam pakai guna mengantisipasi timbulnya masalah baru di kemudian hari,” kata Anggota Komisi 3 M Dahnial.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Bontang Sukardi, pun berjanji akan menyelesaikan permasalahan tersebut. Dan warga yang ingin berjualan di sekitar lahan tersebut akan dibolehkan berjualan di lantai 2 Kantor Pelabuhan Loktuan.

“Itu salah satu upaya yang akan kami tawarkan kepada masyarakat nantinya,” ujar Sukardi. (*)

 

Laporan: Yuli | Faisal

  • 38
    Shares