Hukum

Lagi, Puluhan Remaja Terjaring Balap Liar

Beberapa remaja dan kendaraan yang berhasil diamankan saat balap liar (Foto: Aris)
Beberapa remaja dan kendaraan yang berhasil diamankan saat balap liar (Foto: Aris)

Bontang. Upaya Kepolisian Resor Bontang mencegah balap liar terus gencar dilakukan. Salah satunya giat timsus anti balapan liar Satlantas Polres Bontang, pada Sabtu malam, 26 Agustus 2018.

Dari pantauan PKTV di lapangan, para pelaku balap yang tergolong masih remaja tetap nekat melakukan aksinya di beberapa persimpangan jalan Kota Bontang. Meski menjadi incaran petugas untuk ditertibkan. Bahkan hanya beberapa menit sejak pengamanan lokasi pertama oleh petugas, para remaja ini sudah berpindah ke lokasi lain.

Aparat pun tak kehilangan akal, dengan kembali datang dan mengadang setiap persimpangan jalan yang sekiranya dilalui. Tak ayal puluhan pebalap liar ini berhasil diamankan. Beberapa diantaranya mencoba kabur dengan nekat memutar balik kendaraan, namun tetap dapat diamankan setelah dikejar petugas Kepolisian.

Dalam beberapa jam, Satlantas Polres Bontang berhasil menyita puluhan motor berknalpot racing, serta para pebalap yang masih remaja yang mayoritas belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), dan sebagian diantaranya tidak membawa STNK, serta tidak mengunakan helm.

“Kegiatan ini sebagai penindakan bagi pengendara di bawah umur, terlebih mereka karap kebut-kebutan di jalan raya yang masuk di wilayah hukum Polres Bontang. Upaya ini dilakukan menyeluruh demi menjaga keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas,” ujar Aipda Ferry Yulianto, Kanit Lakalantas Polres Bontang.

Ditambahkannya, sanksi yang diberikan bagi pengendara yang terjaring berupa tilang, selain motor para remaja ini juga akan ditahan selama dua pekan sebagai sanksi.
Hal ini diharap dapat memberikan efek jera bagi pelaku yang tergolong masih remaja, agar tidak mengulangi perbuatannya.

“Begitu juga para orangtua kami harap turut berperan aktif dalam mengatasi persoalan balap liar ini. Termasuk peran seluruh elemen masyarakat Bontang,” tambah dia. (*)

 

Laporan: Aris

  • 21
    Shares
Click to comment
To Top
No announcement available or all announcement expired.