Bessai Berinta

Kuras WTP, PDAM Jamin Pasokan Air Selama Ramadhan

Pembersihan penampungan dan saluran di WTP Kanaan (Foto: Nasrul)
Pembersihan penampungan dan saluran di WTP Kanaan (Foto: Nasrul)

Bontang. PDAM Tirta Taman Bontang lakukan pemeliharaan dengan pengurasan Water Treatment Plant (WTP) Kanaan Bontang Barat, guna menjaga kualitas dan peningkatan kuantitas serta kontinuitas distribusi air ke pelanggan. Kamis, 10 Mei 2018.

Pemeliharaan secara tidak langsung menghentikan sementara pelayanan, dan Jumat (11/5) dini hari kembali dinyatakan normal. Pemeliharaan dilakukan agar distribusi air selama Ramadhan 1439 Hijriah dapat terjamin dan lancar, sehingga tak mengganggu masa ibadah masyarakat selaku pelanggan.

“Pemeliharaan ini demi kenyamanan masyarakat untuk mendapat air bersih selama puasa. Sekaligus menjamin kelancaran pasokan air,” ujar Direktur PDAM Tirta Taman Bontang Suramin.

Dijelaskannya, pemeliharaan WTP Kanaan membutuhkan waktu sekira 12 jam, mulai dikerjakan pukul 07.00 Wita. Dan sebelum melakukan shutdown, pihaknya pun kata Suramin, telah mengedarkan pemberitahuan ke setiap RT maupun tempat ibadah.

“Adanya pemeliharaan sebelum Ramadan ini, untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat,” tandasnya.

Disamping itu, hal ini juga bagian dari pemeliharaan rutin tiap 3 bulan. Agar kualitas serta kuantitas dan kontinuitas (K3) air terus lancar sampai di pelanggan.

Meski masih kerap mendapat keluhan masyarakat, Suramin memastikan pihaknya terus berupaya memaksimalkan pelayanan.

“Sebelumnya shutdwon hanya dua kali setahun, tapi saat ini rutin tiap 3 bulan sekali,” terangnya.

Sementara Supervisor Produksi Pdam Tirta Taman Mulia Nur, menambahkan pemeliharaan dilakukan secara menyeluruh. Mulai pembersihan sedimen lumpur, filtrasi, hingga reservoir. Dan sebelum Wtp Kanaan, Pdam juga telah melakukan perawatan di Wtp Bontang Lestari, Loktuan, dan Guntung.

“Secara bergilir kami akan lakukan pemeliharaan pada tujuh Wtp PDAM di Bontang, demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Tujuh unit Wtp itu diantaranya Wtp Bhayangkara, Loktuan, Guntung, Kanaan, KS Tubun, Berebas Tengah, dan Bontang Lestari.(*)

 

Laporan: Yuli | Nasrul

Click to comment
To Top
No announcement available or all announcement expired.