Pendidikan

Kultur Jaringan Pupuk Kaltim Terima Kunjungan SD 1 YPK

Kunjungan SD 1 YPK ke Kultur Jaringan Pupuk Kaltim (Foto: Mansur)
Kunjungan SD 1 YPK ke Kultur Jaringan Pupuk Kaltim (Foto: Mansur)

Bontang. Pengenalan lingkungan terhadap pembelajaran yang berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa Indonesia, siswa kelas 6 SD 1 Yayasan Pupuk Kaltim kunjungi laboratorium kultur jaringan Pupuk Kaltim di Jl Tulup Kelurahan Belimbing Komplek PC VI. Rabu, 12 September 2018.

Para siswa didampingi guru Bahasa Indonesia sekaligus Humas SD 1 YPK Julaikah, yang menyebut kegiatan ini selain proses pengenalan lingkungan juga bagian field trip yang rutin diselenggarakan SD 1 YPK setiap tahun.

Kunjungan ini pun disambut baik Manajemen perusahaan Pastiyanti, Staf Riset Laboratorium Pupuk Kaltim. Ia mengatakan belajar tentang kultur jaringan merupakan suatu hal membanggakan, mengingat motode perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan saat ini masih sangat terbatas.

“Kami berharap keberadaan kultur jaringan Pupuk Kaltim dapat memberi manfaat bagi dunia pendidikian di Kota Bontang,” kata dia.

Kultur jaringan merupakan suatu metode mengisolasi bagian tanaman, seperti sekelompok sel atau jaringan yang ditumbuhkan dengan kondisi aseptik. Sehingga bagian tanaman tersebut dapat memperbanyak diri dan tumbuh menjadi tanaman lengkap kembali.

Teknik kultur jaringan memanfaatkan prinsip perbanyakan tumbuhan secara vegetatif, yakni dilakukan dalam kondisi aseptik dalam botol kultur dengan medium dan kondisi tertentu.(*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top