Sendal ukir hasil kreasi Rai (Foto: Nasrul)
Berita Kota

Kreatif, Sulap Sandal Jepit Jadi Karya Seni

Bontang. Sandal jepit yang biasanya hanya alas kaki sehari-hari, ternyata bisa diukir menjadi sandal trendi dengan paduan seni beraneka macam motif dan gambar. Seni ukir inilah yang tengah dikembangkan salah satu warga Bontang, yang akrab disapa Bang Rai.

Melalui tangan kreatif lelaki berkacamata ini, sandal jepit biasa mampu menjadi kerajinan yang apik, dengan suguhan gambar. Seperti pembalap motor terkenal, kartun, serta sejumlah gambar menarik lainnya.

Pria 38 tahun yang awalnya hanya berjualan stiker ini, mengaku ukiran beralaskan sandal jepit baru dilakoninya dalam satu tahun terakhir, dengan belajar secara autodidak.

Menurut ayah 4 anak tersebut, butuh waktu 3 hingga 4 jam untuk membuat sepasang sandal jepit bergambar. Dan durasi tersebut dapat berkurang atau bertambah tergantung tingkat kerumitan gambar.
“Aawalnya sandal jepit ini digambar menggunakan pensil, lalu diukir menggunakan pisau cutter,” ujar Rai.

Dalam proses pembuatannya, Rai mengaku mengerjakan seorang diri. Dan karya seninya ini ternyata banyak diminati masyarakat, khususnya kalangan pekerja.

Dirinya juga kerap mendapatkan pesanan dari masjid-masjid terdekat, bahkan tak jarang dalam seharinya mantan supir truk ini bisa menerima pesanan 1 sampai 5 sandal jepit ukir.

“Para pemesan bebas memesan gambar yang diinginkan. Seperti gambar favorit yang sering dipesan, pembalap moto gp valentino rossi,” tambahnya.

Untuk satu pasang sandal jepit ukir, dipatok seharga Rp40.000,- Anda pun bisa menjumpai kreasi Bang Rai di sekitar pos 7 Kelurahan Loktuan, mulai pukul 09.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita setiap hari.(*)

 

Laporan: Yuli | Nasrul

  • 58
    Shares