Politik

KPU Libatkan 100 Petugas Pelipat Surat Suara

proses pelipatan surat suara di gudang logistik kpu (foto:yuli)
proses pelipatan surat suara di gudang logistik kpu (foto:yuli)

Bontang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bontang mulai melakukan pelipatan suara, Rabu (13/3/ 2019) di gudang logistik KPU Jalan MT Haryono Bontang Utara.

Jumlah surat suara yang disortir dan dilipat yakni 616.956 lembar yang meliputi DPRD tingkat Kota/ DPRD/ Provinsi/ DPR RI/ DPD dan Presiden yang dikerjakan oleh 100 orang yang berasal dari masyarakat umum. KPU memastikan seratus orang tersebut juga tidak terikat dengan partai politik.

Setiap harinya setiap orang ditarget bisa melipat 500 hingga 600 lembar surat suara yang dikerjakan sejak pukul 08:00 Wita hingga 16:00 Wita.

“Biaya pelipatan per lembarnya agak menurun dari sebelum-sebelumnya, per lembarnya Rp 97 sesuai dengan ketentuan harga standar nasional,” jelasnya.

Ditambahkan komisioner KPU Saparuddin bahwa pelipatan surat suara ini akan berlangsung selama 10 hari kedepan. Selama proses pelipatan, aparat keamanan juga berjaga di lokasi. Sehingga pihaknya menjamin, tak akan terjadi kebocoran surat suara.

“Setiap harinya pelipatan surat suara ini juga akan dievaluasi, termasuk jika terjadi kerusakan seperti surat suara kotor atau tidak merata, permukaan hasil cetak surat suara kabur, surat suara kusut maupun sobek, dan sejumlah kriteria lainnya,” tambah Saparuddin. 

Adapun surat tersebut akan didistribusikan ke 516 TPS yang tersebar di 3 kecamatan yang ada di Kota Bontang. (*)

 

Laporan: Yulianti Basri

Click to comment
To Top