Klinik Den Arhanud Rudal 002 Bontang (foto: Nasrul)
Kesehatan

Klinik Rudal Masuk Nominasi FKTP Berprestasi Nasional

Bontang. Klinik Den Arhanud Rudal 002 Bontang yang kini dikelola Rumah Sakit Amalia, masuk dalam nominator Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berprestasi tingkat nasional.

Hal itu dibuktikan melalui penilaian langsung tim Kementerian Kesehatan Nasional, guna melihat realisasi lintas program bersama BPJS kesehatan, serta Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim yang juga bertandang ke Bontang, Rabu 11 September 2017.

Meski baru terbentuk, klinik rudal berhasil masuk pada peringkat empat besar , dari 13 klinik yang dinyatakan lulus tahap seleksi nasional tahun 2017, bersama 52 puskesmas dan 13 klinik pratama lainnya, yang terpilih sebagai FKTP tingkat nasional.

“Klinik ini merupakan wujud nyata dan komitmen datasemen arhanud rudal, bersama Rumah Sakit Amalia dalam membantu pemerintah di bidang pelayanan kesehatan. Baik bagi prajurit, maupun warga Bontang secara umum,” ujar penanggungjawab klinik den arhanud rudal 002, dr Dyta Lucyani, saat presentasi profil klinik dengan delapan dokter umum dan satu dokter gigi tersebut, di hadapan tim penilai.

Senada, Den Rei Meriam A, Lettu Arh Rusman Istanto, mewakili Den Arhanud Rudal 002 Bontang mengatakan klinik ini awalnya dikelola langsung Satuan Den Arhanud Rudal 002, namun karena keterbatasan dalam pengembangannya maka dilakukan kerjasama dengan Rumah Sakit Amalia.

Tanpa disangka, keberadaan ini dapat diterima baik dan berkembang hingga saat ini. Serta mampu mendukung kesejahteraan dan kesehatan warga dilingkungan asrama Den Arhanud Rudal 002, termasuk masyarakat sekitar markas.

“Sejauh ini kerjasama dengan rumah sakit Amalia terus terjalin dengan baik , dan memberikan kontribusi besar bagi pelayanan kesehatan di Den Arhanud Rudal. Kami terus berharap klinik ini dapat lebih berkembang dan maju, serta menjadi pilot project bagi klinik lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga: Diskes Bontang Dukung Klinik Rudal Juara FKTP Nasional

Sementara dr Novana Putri, selaku perwakilan tim penilai dari Kementerian Kesehatan mengatakan, penilaian ini merupakan verifikasi tahapan penilaian, sekaligus mendapat gambaran langsung fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Selain itu klinik kesehatan juga diharap dapat melakukan upaya promotif dan preventif seperti halnya puskesmas, karena pemerintah tengah menguatkan pelayanan kesehatan primer dengan meningkatkan mutu pelayanan,” terangnya.

Penghargaan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) berprestasi sebagai pengakuan dan penghargaan atas prestasi fasilitas pelayanan kesehatan, dan salah satu bentuk dukungan serta dorongan dalam memotivasi para pemberi pelayanan di fasilitas kesehatan tingkat pertama, untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan.(*)

 

Laporan: Yuli | Nasrul