Corporate

Kementrian BUMN Tinjau Langsung Realisasi CSR dan CSV PKT di Pesisir

sisten Deputi Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Kementrian BUMN Eko Setiawan, didampingi manajemen Pupuk Kaltim saat meninjau realisasi CSR di Malahing (Foto: Mansur)

Bontang. Rombongan Kementerian BUMN yang dipimpin Asisten Deputi Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Eko Setiawan, mengunjungi sejumlah lokasi realisasi program CSR PT Pupuk Kaltim. Kamis (1/3) siang.

Kunjungan ini guna melihat langsung sejauh mana kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar, termasuk efektifitas bantuan tersebut bagi masyarakat.

Rombongan memulai kunjungan dengan mendatangi wilayah pesisir di perkampungan atas air Malahing Kelurahan Tanjung Laut Indah, didampingi Manager Departemen CSR Dwi Pujiasmoro.

Dalam kesempatan itu, Ketua RT 30 Malahing malahing Muhammad Nasir, bersama warga setempat menyambut rombongan dan berdialog langsung terkait bantuan yang direalisasikan Pupuk Kaltim selama ini. Salah satunya program peningkatan ekonomi masyarakat melalui bantuan modal dan berbagai pelatihan.

Selain juga Pupuk Kaltim merealisasikan pengadaan air bersih melalui bantuan talang dan drum penampung air, serta filter penyaring air hujan agar bisa dan layak dikonsumsi.

Tak ketinggalan, program bantuan toilet umum, bantuan kesehatan dan pendidikan, pembedayaan masyarakat melalui keramba tancap, perbaikan kembali solar cell bantuan Pemkot Bontang yang sempat rusak, serta berbagai program pemberdayaan lain, hingga pembangunan infrastruktur juga diberikan PT Pupuk Kaltim.

Dijelaskan Nasir, bantuan pembangunan dari Pupuk Kaltim berjalan sejak 2005 lalu, mulai infrastruktur yang terdiri dari renovasi gedung dan sarana prasarana SD YPPI Malahing, bantuan perlengkapan sekolah, tempat penjemuran rumput laut, bantuan bibit rumput laut, bantuan tanaman hijau, penampungan minyak jelantah, bantuan gapura, pembuatan dermaga terapung, dan pembuatan toilet umum.

Sementara untuk pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan SDM, dilakukan Pupuk Kaltim melalui pelatihan menjahit, pelatihan perbaikan mesin kapal jenis Dong Feng, pelatihan tata boga, budidaya rumput laut, kerajinan daur ulang sampah, pelatihan kewirausahaan, pelatihan olahan rumput laut, hingga pelatihan pemasaran berbasis online.

“Termasuk juga pelatihan pangan industri rumah tangga, serta mengikutsertakan kami dalam pameran berskala lokal maupun nasional,” kata Nasir.

Melihat itu, Asisten Deputi Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Kementrian BUMN Eko Setiawan, memberikan apresiasi berbagai program CSR yang dilaksanakan Pupuk Kaltim bagi kampung Malahing. Dikatakannya, khusus untuk perbaikan pembangkit listrik solar cell, pihaknya akan turut mengupayakan bantuan bagi masyarakat Malahing.

“Sebab produk solar cell yang digunakan ini adalah hasil produksi perusahaan BUMN, jadi bisa kita berikan bantuan perbaikan nantinya,” ujarnya.

Usai mengunjungi Kampung atas air tersebut, rombongan juga mengunjungi program CSV Keramba Jaring Apung (KJA) dengan budidaya ikan kerapu dan lonster di perairan Tanjung Limau.

Kementerian pun memberikan apresiasi program yang dikoordinir melalui kerjasama dengan Koperasi Nelayan Bontang Eta Maritim.

“Kami juga sudah mengunjungi pengerajin rotan, yang menjadi mitra binaan PKT di Balikpapan. Kami harap Pupuk Kaltim bisa menambah mitra binaan untuk wilayah tersebut,” tuturnya.(*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top