Berita Kota

Kelurahan Gunung Telihan Ditetapkan Sebagai Kampung KB

Pencanangan Kampung KB Kelurahan Gunung Telihan oleh Walikota Bontang (Humas)

Bontang. Pemerintah Kota Bontang resmi launching Kelurahan Gunung Telihan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) tingkat Kecamatan Bontang Barat, dimotori tiga RT yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai kampung KB tingkat Kelurahan, yakni RT 20, 25,dan 26.

Launching Kampung KB dengan nama Wilis Sejahtera ini, dilakukan langsung Walikota Neni Moerniaeni di depan Masjid Jl Flores Kecamatan Bontang Barat, Selasa 19 September 2017.

Pencanangan kampung KB dini dilatar belakangi beberapa hal mendasar, seperti pertumbuhan penduduk yang signifikan di Kelurahan Gunung Telihan, dimana hingga saat ini tercatat mencapai 14.145 jiwa.

Sehingga untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk serta masalah pembangunan keluarga, kelurahan sepakat dan berkomitmen mewujudkan program kampung KB sebagai sarana motivasi di lingkungan sekitar.

“Sekaligus meningkatkan peran pemerintah dan lembaga non pemerintah serta swasta, dalam memfasilitasi, mendampingi, dan membina masyarakat,” kata Lurah Gunung Telihan Viky Rizky Riadis.

Kelurahan Gunung Telihan merupakan kawasan keempat ditetapkan sebagai kampung KB di Kota Bontang, setelah sebelumnya Loktuan, Berbas Pantai, dan Bontang Lestari.

Menurut Walikota Neni Moernaeni, program ini merupakan salah satu program nawacita Presiden Jokowi, dalam membangun manusia dari pinggiran. Terlebih, untuk membangun manusia harus dimulai dari kelompok masyarakat terkecil atau keluarga.

“Saya berharap, dengan dicanangkannya kampung KB ini mampu menekan angka kelahiran dan kematian ibu dan balita di Kota Bontang,” ujar Walikota.

Pencanangan kampung KB di Kelurahan Telihan ini dirangkai ikrar oleh para Ketua RT, bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama, sebagai wujud komitmen mendukung program Kampung KB. Pembacaan ikrar dipimpin Camat Bontang Barat Sutrisno. (*)

 

Laporan: Nasrul

Click to comment
To Top