Berita Kota

Kelurahaan Berebas Tengah Sabet Juara 1 Lomba Kelurahan

Lurah Berebas Tengah Mahfudz (foto: aris/pktv)

Bontang. Kelurahan Berebas Tengah dinobatkan sebagai juara satu di ajang Lomba Kelurahan Tingkat Kota Bontang Tahun 2019. Dengan kemenangan tersebut, kelurahan berebas tengah berhak mewakili kota bontang dilomba tingkat Provinsi se-Kalimantan Timur.

Lomba yang digelar pada 11-14 maret 2019 itu merupakan ajang tahunan untuk memilih kelurahan yang memiliki inovasi serta memenuhi kriteria yang telah di tentukan oleh dewan juri. Pemenangnya ditentukan melalui mekanisme rapat pleno penetapan hasil penilaian perlombaan kelurahan tingkat kota Bontang.

Kepastian juara itu pun tertuang didalam berita acara rekapitulasi penilaian tahapan Lomba Kelurahan tingkat Kota Bontang Tahun 2019 nomor 140/178/pem-um.b. pada Jumat (3/5/2019) lalu, dimana di tetapkan bahwa kelurahan berebas tengah meraih juara satu lomba kelurahan dengan perolehan nilai 1.130. Sementara itu Kelurahan Loktuan keluar sebagai juara kedua dengan nilai 1.105 dan Kelurahan Gunung Telihan sebagai juara ketiga dengan nilai 905.

Lurah Berebas Tengah Mahfudz menjelaskan ada tiga Kelurahan dari tiga Kecamatan yang maju dalam kompetisi ini. Kecamatan Bontang Selatan diwakili Kelurahan Berebas Tengah, Kecematan Bontang Utara diwakili Kelurahan Loktuan, dan Kecmatan Bontang Barat diwakilkan Kelurahan Gunung Telihan.

Adapun penentuan kelurahan yang ikut berkompetisi di tingkat kota dilakukan usai proses seleksi di tingkat kecamatan, kemudian dari tingkat kecamatan di pilih satu kelurahan untuk maju di tingkat kota Bontang dan diadu dari masing-masing kelurahan yang terpilih dengan tiga tahapan lomba kelurahan di tingkat kota.

“Ada 3 tahapan lomba tersebut, diantaranya ada seleksi administrasi, seleksi verifikasi lapangan yang dilakukan pada 25 april 2019, serta persentasi yang dilakukan oleh lurah peserta lomba pada 2 mei 2019, dan seluruh tahapan lomba di tingkat kota ini memakan waktu sekitar satu bulan lamanya,” jelasnya

Untuk di ketahui dalam lomba ini terdapat 17 indikator penilaian yang ditetapkan dewan juri, diantaranya ialah administrasi atau kecakapan kelurahan dalam pelayanan public, serta inovasi yang dimiliki kelurahan menyangkut masyarakat. Dan yang menjadi unggulan inovasi Kelurahan Berebas Tengah dalam mengikuti lomba tersebut ialah inovasi Pos Kesehatan Kelurahan (Poskel) dan Kopral Siaga atau Konseling Pranikah Siap Antar Jaga.

Laporan: Aris

Click to comment
To Top