Berita Kota

Kargo Pesawat Naik, Kantor Pos Bontang Alami Peningkatan Pengiriman

Barang kiriman konsumen yang siap dikirimkan ke penerima (foto: aris/pktv)

Bontang. Dampak kenaikan dari tarif kargo pesawat di sejumlah maskapai penerbangan ternyata berimbas pada peningkatan pengiriman paket melalui PT Pos Indonesia Cabang Bontang.

Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Bontang Adian Pradipto mejelaskan, meskipun sebelumnya sejumlah maskapai penerbangan menggratiskan kargo penumpang dengan maksimal kapasitas 20Kg, namun penumpang kerap membawa barang bawaan lebih dari 20 kg. Oleh karena itulah sejumlah maskapai penerbangan lantas menaikkan tarif kargo mereka.

“Akibat dari kenaikan tarif itu lah akhirnya banyak pengguna moda transportasi udara memaketkan atau mengirim barangnya melalui kantor pos. Kebanyakan paket tersebut datang dan dikirim ke luar pulau jawa, dan banyak paket yang diterima pos indonesia cabang bontang terbungkus dalam paket dengan ukuran besar,” jelasnya.

KEPALA KANTOR PT POS INDONESIA CABANG BONTANG ADIAN PRADIPTO (FOTO: ARIS/PKTV)

Ditambahkan Adian, adapun berdasarkan data yang di rangkum oleh pihaknya, di sepanjang tahun 2019 Pos Indonesia Cabang Bontang telah melayani sekitar 5.300 pengiriman paket. Baik yang masuk ataupun keluar daerah bontang.

“Angka tersebut setara dengan kenaikan pengiriman barang sekitar 8%, di mana kenaikan pengiriman tersebut juga berimbas kepada peningkatan pendapatan Pos Indonesia Cabang Bontang sekitar 34% dari hari-hari biasa,” ungkapnya.

Sementara itu ada beberapa paket tarif pengiriman yang ditawarkan oleh Kantor Pos Indonesia Cabang Bontang dengan harga yang lebih murah dibandingkan usaha pengiriman lainnya, contohnya adalah layanan Pos Biasa yang menggunakan moda transportasi laut, Kantor Pos Indonesia Cabang Bontang menawarakan layanan tersebut dengan harga yang sangat bersaing.

Laporan: Aris

Click to comment
To Top