Pemerintah

Jemput Bola Perekaman KTP-el, Disdukcapil Datangi Pulau Pesisir

jemput bola perekaman KTP-el di pesisir oleh Disdukcapil Bontang (Foto: nasrul)

Bontang. Pemerataan cakupan layanan administrasi kependudukan hingga ke wilayah pesisir, terus dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bontang, melalui pelayanan jemput bola. Salah satu sasarannya, yakni pulau pesisir Selangan dan Tihi-tihi Kelurahan Bontang Lestari yang berlangsung Minggu, 11 Maret 2018.

Dalam kesempatan itu, Disdukcapil melakukan sosialisasi tertib administrasi kependudukan di dua wilayah tersebut, selain turut melaksanakan perekaman Ktp Elektronik (KTP-el) bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman.
Terkecuali wilayah Selangan, dimana seluruh penduduk diketahui telah melakukan perekaman.

“Untuk wilayah Tihi-tihi, kami lakukan perekaman tiga warga yang belum memiliki KTP elektronik,” kata Kepala Disdukcapil Bontang Yuliatinur.

Ia menambahkan, pihaknya secara proaktif akan terus melakukan pelayanan jemput bola bagi masyarakat yang wajib KTP-el, agar terakomodir dan dapat mengakses pelayanan publik, hingga menggunakan hak suara pada pemilu mendatang.

“Jemput bola seperti ini bukan pertama kali, karena sebelumnya kami juga lakukan di berbagai Kelurahan hingga ke sekolah-sekolah,” tambah Yuliatinur.

Pelayanan jemput bola perekaman KTP-el dan pencatatan Akta Kelahiran di wilayah pesisir menjadi bagian dari Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), yang digaungkan Kementerian Dalam Negeri.

Gerakan tersebut diantaranya terdiri dari Program Sadar Kepemilikan Dokumen Kependudukan, Program Sadar Pemutakhiran Data Penduduk, Program Sadar Pemanfaatan Data Kependudukan, dan Program Sadar Melayani Administrasi Kependudukan.

“Kami berharap, dari upaya ini seluruh masyarakat Bontang dapat tertib administrasi kependudukan, karena masih ada sekitar 5.000 jiwa yang belum melakukan perekaman dan mengantongi KTP-el,” tutup Yuliatinur.(*)

 

Laporan: Yuli | Nasrul

Click to comment
To Top