Pemerintah

Jelang Mudik, Dishub Bontang Akan Cek Kelayakan Bus

Bus angkutan antar kota di terminal Kilometer 6 Bontang (ist)
Bus angkutan antar kota di terminal Kilometer 6 Bontang (ist)

Bontang. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bontang akan segera melakukan pengecekan kelayakan terhadap seluruh armada bus angkutan yang beroperasi, jelang arus mudik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah.

Pasalnya seluruh bus yang ada harus dipastikan layak operasi, sebelum digunakan mengangkut penumpang mudik. Hal ini guna menghindari risiko yang bisa ditimbulkan dari pengoperasian kendaraan yang tidak layak.

Dikatakan Kepala Dishub Bontang Sukardi, meski pengecekan fisik dan kondisi bus menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Kaltim, namun pihaknya tetap melakukan pengecekan seluruh bus yang beroperasi di terminal Kilometer 6 Bontang guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Nantinya bus yang dinilai tidak layak jalan sesuai standar keselamatan, akan dilarang untuk berangkat dan mengangkut penumpang,” ujar Sukardi.

Kondisi kelayakan bus angkutan antar kota yang berada di terminal Kilometer 6, kerap mendapat keluhan penumpang, lantaran dinilai sudah tak layak beroperasi.

Berbagai upaya pun dilakukan pemerintah bersama DPRD Bontang mengatasi hal tersebut. Salah satunya menyerukan pemilik bus untuk lakukan peremajaan seluruh bus yang beroperasi.

“Peremajaan bus penting untuk dilakukan, guna menjamin keselamatan para penumpang,” tambah Sukardi.(*)

 

Laporan: Sary | Faisal

Click to comment
To Top