LifeStyle

Ingin Cepat Hamil? Coba Hindari 7 Makanan Ini

Lifestyle. Mungkin anda banyak tahu mengenai makanan apa saja yang harus dihindari saat tengah hamil, namun mungkin sedikit yang tahu kalau ternyata ada banyak makanan yang juga harus dihindari, jika ingin segera hamil. Hal tersebut diungkapkan pakar nutrisi Carina Norris, pengarang buku “You Are What You Eat”. Ia merekomendasikan beberapa hal yang harus dilakukan, terutama dalam pemilihan makanan agar Anda bisa segera hamil.

1. Alkohol
Jika Anda ingin hamil, sekarang saatnya menghindari konsumsi alkohol. Sebuah penelitian di Denmark menunjukkan minum alkohol sekali hingga lima kali dalam sepekan, bisa mengurangi risiko wanita untuk hamil. Minum alhokohl sepuluh kali atau lebih mengurangi kemungkinan pembuahan lebih lanjut, meskipun cara alkohol membuat wanita kurang subur juga kurang dipahami dengan jelas.
“Anda tidak harus mengingkari diri Anda sepenuhnya. Perhatikan konsumsi alkohol Anda dan cobalah untuk tidak minum lebih dari dua gelas kecil per hari.” ujar Carina.

2. Kacang Polong
Siapa yang akan menyangka kacang yang memiliki banyak manfaat ini bisa menjadi makanan yang membuat Anda tidak subur?, Sebab kacang polong mengandung zat kimia yang disebut m-xylohydroquinone, yang bisa mencegah kehamilan. Jadi gantilah dengan sayuran hijau lainnya untuk memastikan Anda mendapatkan makanan sehat setiap hari.

3. Kedelai Dalam Jumlah Besar
Beberapa penelitian kesehatan menunjukkan bahwa protein kedelai dalam jumlah besar bisa mencegah kesuburan. Menghindari makanan kedelai hanya jika Anda mengalami masalah kesuburan, termasuk menghindari konsumsi susu kedelai dan tahu.

4. Kopi
Beberapa kelompok peneliti di Yale University School of Medicine dan National Institute of Environmental Health Sciences, mengonfirmasi bahwa mengonsumsi lebih dari 300 milligram kafein per hari bisa mengurangi kesuburan. Namun sebuah penelitian dari Alicante University di Spanyol, menunjukkan beberapa pengaruh hanya di tingkat 500 miligram per hari atau lebih. Kesimpulannya adalah agar Anda cepat hamil, kurangi atau hindari konsumsi kafein.

5. Minuman Manis
Kadar gula berlebihan bisa menyebabkan gula darah yang rendah, yang bisa memberi pengaruh buruk pada hormon reproduksi. Anda harus menjaga hormon agar tetap seimbang dan stabil saat ingin hamil. Menurut Dr Pam Spurr, hindari konsumsi cola dan minumlah air putih sebagai gantinya.

6. Ikan Jenis Tertentu
Meskipun ikan pada umumnya menyehatkan, ikan tipe tertentu mengandung merkuri yang tinggi dan bisa berbahaya untuk kandungan. Sebab merkuri bisa terakumulasi dalam tubuh, dan berada di sana selama lebih dari satu tahun. Sebaiknya hindari ikan yang tinggi merkuri, seperti ikan todak dan ikan kembung. Gantinya, pilihlah ikan yang rendah merkuri seperti salmon yang dimasak sekali dalam sepekan, dan kaya akan vitamin B12. Hal itu akan sangat baik untuk meningkatkan kesuburan.

7. Makanan Kaleng
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan kaleng umum dengan kandungan zat kimia BPA, atau bisphenol A, bisa menurunkan kesempatan wanita untuk hamil saat sedang melakukan terapi IVP. BPA, sebuah zat kimia yang bisa menggangu hormon dan gangguan kesehatan lainnya, dicurigai sebagai salah satu penyebab kemandulan. (*)

 

Laporan : Rahma