Corporate

Indominco Mandiri Tingkatkan Kesehatan Masyarakat Melalui Pengobatan Gratis dan Makanan Tambahan

Pengobatan gratis PT Indominco Mandiri di Desa Santan Marangkayu (Foto: Aris)
Pengobatan gratis PT Indominco Mandiri di Desa Santan Marangkayu (Foto: Aris)

Bontang. PT Indominco Mandiri tak henti menunjukkan kepedulian bagi masyarakat bufferzone perusahaan, khususnya bidang sosial kesehatan dengan menggelar pengobatan gratis.

Pada tahun ini, pengobatan gratis digelar selama 3 hari, menyasar 6 wilayah yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Kota Bontang.

Hari pertama pengobatan gratis digelar Indominco Mandiri di Desa Santan Ulu Kecamatan Marangkayu Kutai Kartanegara, Sabtu (1/9) pagi. Kedatangan rombongan tim medis perusahaan diserbu ratusan masyarakat sekitar, yang ingin menikmati pelayanan kesehatan gratis dari Indominco Mandiri.

Mulai dari anak-anak hingga dewasa, tampak rela menunggu antrian yang cukup panjang demi mendapat layananan pengobatan. Bahkan sejak dibuka mulai pukul 08.00 Wita, pelayanan pengobatan gratis selesai sekira pukul 13.15 Wita.

Salah satu warga Desa Santan Kutai Kartanegara saat pemeriksaan kesehatan gratis (Foto: Aris)

Pada hari yang sama, setelah Desa Santan Ulu rombongan medis Indominco Mandiri langsung bergeser ke Desa Danau Redan Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Kutai Timur.

Meski sempat diwarnai hujan deras, tidak menyurutkan antusias dan semangat warga sekitar untuk memperoleh layanan kesehatan. Pengobatan gratis yang rutin digelar Indominco Mandiri setiap tahun ini dinilai warga Danau Redan sangat bermanfaat, dan diharapkan terus terlaksana kedepannya.

“Kalau bisa digelar tiap satu hingga dua bulan sekali, agar kami bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak,” kata Nurdin, salah satu warga Danau Redan.

Baca Juga: Kucur 2,4 Miliar untuk Teluk Pandan, Indominco Mandiri Buktikan Peduli Masyarakat

Hari kedua pengobatan gratis, Minggu (2/9), digelar Indominco Mandiri di 2 wilayah. Yakni Desa Santan Ilir dan Desa Santan Tengah Kecamatan Marang Kayu Kutai Kartanegara. Pada lokasi ini, pengobatan gratis berlangsung mulai pukul 08.00 Wita hingga 16.30 Wita.

Hal tersebut lantaran tingginya antusias masyarakat terhadap salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR), dari perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan batu bara ini. Dari pantauan tim liputan di lapangan, umumnya masyarakat mengeluhkan penyakit batuk, pilek, demam, hingga hipertensi.

“Dari 100 lebih warga yang mengikuti pengobatan gratis ini, 40 persen diantaranya mengeluhkan hipertensi,” kata Beti Rofika, Pimpinan Puskesmas Pembantu Santan Ilir.

Tim Medis Indominco Mandiri lakukan pemeriksaan kesehatan warga bufferzone (Foto: Aris)

Sementara untuk hari ketiga, program pengobatan gratis digelar Rabu (5/9), dengan menyambangi wilayah yang belum tersentuh program ini sejak beberapa tahun belakangan. Yakni perkampungan atas air di pesisir Tihi-tihi Kelurahan Bontang Lestari Kecamatan Bontang Selatan.

Lantaran lokasi yang cukup jauh dari daratan, rombongan Indominco Mandiri beserta tim medis berangkat menggunakan speedboat dari pelabuhan Tanjung Laut sejak pagi hari. Tiba di lokasi, rombongan disambut hangat dan antusias warga yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan ikan dan rumput laut.

Tingginya antusias masyarakat Tihi-tihi terhadap program ini, tampak dari beberapa warga yang bahkan sampai berebut nomor antrean pengobatan.

“Pengobatan gratis ini sebagai wujud komitmen Indominco Mandiri terhadap peningkatan kesehatan masyarakat di kawasan bufferzone perusahaan,” papar Community Development Head Indominco Mandiri Imam Taufik Husain.

Dijelaskannya, khusus tahun ini perusahaan turut menyasar wilayah pesisir agar tidak ada rasa cemburu satu sama lain, khususnya antara warga yang bermukim di darat maupun di laut.

Baca Juga: Tunjang Kompetensi Perawat, Indominco Gelar Pelatihan BTCLS

Meski demikian Imam Taufik menegaskan pengobatan gratis ini sangat penting, apalagi untuk kawasan pesisir layaknya Tihi-tihi, karena tidak adanya tenaga medis dan jauhnya fasilitas kesehatan dari pusat pemerintahan.

“Maka dari itu kami berharap pengobatan gratis ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat bufferzone perusahaan, dan dapat menciptakan sinergi yang lebih baik kedepannya,” tambah dia.

Antusias warga pada kegiatan pengobatan gratis bersama Indominco Mandiri (Foto: Aris)

Selain pengobatan gratis, Indominco Mandiri bekerjasama PT Pama Persada Nusantara turut menyalurkan bantuan makanan tambahan bagi warga Tihi-tihi, sebagai upaya pemenuhan gizi anak-anak pesisir.

Upaya ini pun mendapat apresiasi dan ucapan terima kasih dari Lurah Bontang Lestari Usman. Diirnya menyebut Indominco Mandiri menjadi salah satu perusahaan yang tak henti menunjukkan kepedulian bagi masyarakatnya.

“Semoga program ini terus berlanjut, dan kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik warga untuk mendapat kesehatan yang layak. Terima kasih atas perhatian dan kepedulian Indominco Mandiri selama ini bagi warga kami,” papar Usman.

Senada, Ketua RT Tihi-tihi Muslimin, pun mengatakan pengobatan gratis ini sangat membantu warganya untuk memperoleh layanan kesehatan, sebab jauhnya fasilitas kesehatan dari tampat tinggal terkadang menyebabkan beberapa warganya enggan pergi berobat.

“Kami juga berharap program ini dapat terus dilaksanakan Indominco Mandiri, karena manfaat yang sangat besar bagi warga Tihi-tihi,” ucap dia.

Selain pengobatan gratis dan pemberian makanan tambahan, Indominco Mandiri juga berencana akan melakukan peningkatan program pelayanan kesehatan di Tihi-tihi. Selain juga berencana menggali potensi ekonomi warga sehingga dapat dibina dengan baik, salah satunya produksi rumput laut. (*)

Laporan: Sary | Aris

Click to comment
To Top
No announcement available or all announcement expired.