Hukum

Ikrar Sapu Bersih Pungutan Liar, Jangan Memberi Jangan Menerima

Bontang. Berbagai elemen masyarakat Kota Bontang, gelar ikrar Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), di GOR PT Pupuk Kaltim, Selasa 24 Januari 2016. Tak kurang dari seribu warga yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (Pns) lintas SKPD, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), instansi vertikal, Kepolisian, perusahaan, partai politik, organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan, hingga siswa sekolah. Hadir pada kegiatan penyamaan persepsi memberantas habis praktik pungutan liar di Kota Taman.

Dijelaskan Ketua Tim Satgas Saber Pungli Kota Bontang, Kompol Mawan Riswandi, komitmen untuk memberantas pungli harus menjadi bagian dari masyarakat. Sehingga taka da lagi pihak yang dirugikan dari maraknya praktik ini. Selain itu, komitmen berantas pungli ini pun dalam upaya menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari segala bentuk pungutan, terutama dalam pelayanan yang bersifat administrasi dan berkaitan langsung dengan masyarakat.

“Dalam upaya menciptakan good governance dan clean government, maka perlu komitmen kita untuk memberantas habis praktik pungutan liar ini di Kota Bontang,” ujarnya.

Sementara Walikota Bontang Neni Moerniaeni dalam kesempatan itu mengatakan, sapu bersih pungutan liar tidak hanya diartikan dalam lingkup praktik semata. Namun bagaimana tim satgas mampu untuk memberantas hingga ke akarnya. Sebab, pungli saat ini kata Neni, dapat dikatakan telah menjadi budaya yang mendarah daging dimasyarakat.

“Karena hal itulah kenapa harus kita berantas sampai ke akarnya. Intinya jangan memberi, dan jangan menerima,” ungkapnya.

Melalui ikrar ini, diharap Walikota Neni, seluruh elemen masyarakat dapat bersama menjalin komitmen agar taka da lagi praktik pungli di Kota Bontang. Serta bisa saling mencegah terjadinya praktik pungli dilapangan.

“Mari kita berkomitmen agar tak ada lagi pungli di Kota Bontang. Pemberantasan pungli jangan hanya diukur dari berapa jumlah praktik yang disasar dan tertangkap. Namun bagaimana kita bisa mencegah hal ini terjadi,” tambahnya.

Baca Juga: Imbau Peran Aktif Masyarakat Berantas Pungli, Walikota: Lapor Jika Ditemukan

Dalam kegiatan ini, turut dirangkai materi terkait pungutan liar yang disampaikan langsung Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat (Wadir Binmas) Polda Kaltim, AKBP Turmudi. (*)

 

Laporan : Yulianti Basri

Click to comment
To Top