Ketua Tim Saber Pungli Bontang Kompol Mawan Riswandi (Fot: Aris)
Hukum

Hingga Februari 2017, Ada 12 Aduan Pungli di Bontang

Bontang. Sejak dikukuhkan Desember 2016 lalu, Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) telah menerima 12 aduan, terkait dugaan pungutan liar yang melibatkan beberapa instansi pemerintah. Baik intansi vertikal hingga lembaga Negara. Laporan tersebut diterima tim saber pungli sejak Januari hingga pertengahan Februari 2017.

Diungkapkan Ketua Tim Saber Pungli Bontang, Kompol Mawan Riswandi, pihaknya hingga kini masih mendalami seluruh laporan yang masuk. Jika dinilai memenuhi unsur pidana, maka kasus tersebut akan segera ditindak dan diselesaikan secara hukum.

“Dari laporan yang masuk, delapan diantaranya dinyatakan tidak terbukti pasca penyelidikan dan pendalaman laporan. Sedangkan empat aduan lainnya masih dalam proses lebih lanjut,” ungkapnya.

Dari seluruh aduan masyrakat, besaran dugaan pungli kata Kompol Mawan cukup beragam. Mulai dari belasan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. Meski begitu, ia enggan membeberkan lembaga mana saja yang diadukan oleh masyarakat.

“Dalam artian kami tidak mentargetkan berapa banyak penangkapan yang dilakukan, namun upaya yang kami lakukan muaranya bagaimana agar Bontang dapat bersih dari pungutan liar,” tambahnya.(*)

 

Laporan: Sary & Aris